Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Prabu Revolusi: Prabowo-Gibran Tetap Mendominasi TikTok

Prabu Revolusi: Prabowo-Gibran Tetap Mendominasi TikTok Kredit Foto: RRI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Prabu Revolusi selaku pengamat media baru memberi respon terhadap rilis terbaru Puspenpol. Ia menilai bahwa jangkauan maupun percakapan media sosial Prabowo-Gibran memang benar masih konsisten unggul terutama di TikTok.

“Kalau kita melihat bagaimana data dari udara dalam hal ini jangkauan di social media khususnya TikTok maka Prabowo Gibran itu masih konsisten mendominasi baik dari sisi percakapan ataupun jangkauan di Social Media TikTok,” kata Prabu di Jakarta, Selasa, (06/02/2024).

Prabu juga menilai bahwa hal tersebut dibuktikan dengan mention video Prabowo yang memiliki jangkauan mencapai 22,4 miliar penayangan, begitupula Gibran Rakabuming yang mencapai 12,7 miliar.

“Ini bisa kita lihat dari sisi mention jangkauannya mencapai 22,4 miliar penayangan sementara Gibran itu 12,7 miliar penayangan, dari sisi mention bisa dikatakan Prabowo itu mengungguli jauh ya dari Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo,” lanjutnya.

Pengamat media baru itu juga menjelaskan bahwa TikTok adalah platform media sosial terbesar yang hingga kini mampu memberikan pengaruh terhadap keputusan politik masyarakat.

“Secara data ya kalau kita liat dari bbrp sumber apakah itu berasal dari HotSuite ataupun dari We Are Social yang sama-sama mengatakan bahwa TikTok adalah platform social media terbesar saat ini yang memberi pengaruh kepada keputusan politik,” jelasnya.

Prabu juga menjelaskan hasil kajian satu pengamat dengan pengamat lain bisa berbeda karena bisa jadi kata kunci atau keyword yang digunakan juga berbeda ketika menarik data.

“Kok berbeda dengan pengamat lain yang mencoba membuat kajian tentang analisa percakapan ataupun interaksi pasca debat di TikTok? Karena bisa saja ada keyword yang berbeda dalam penarikan data. Jadi kan etika penarikan data, keyword jadi salah satu parameter yang digunakan untuk bisa data mining.”

Ia menilai sebuah keyword haruslah setara dan kuat atribusinya. Prabu mencontohkan, bahwa kata ‘Amin’ tidak bisa dijadikan keyword tunggal karena kata tersebut memiliki atribusi atau asosiasi yang begitu luas termasuk ketika berdoa.

Keyword harus apple to apple harus menggunakan kata yang kuat asosiasinya. Sebagai contoh kata ‘Amin’ itu tidak bisa dijadikan keyword tunggal karena ‘Amin’ asosiasinya luas sekali dan bukan hanya Anies Baswedan - Cak Imin tapi juga Amin sebagai Bahasa yang digunakan untuk berdoa,” tandasnya.  

Baca Juga: Ajakan Persatuan, Relawan Muda Puji Closing Statement dari Prabowo

Rilis Puspenpol Terbaru Sebut Prabowo-Gibran Unggul di TikTok

Rilis terbaru dari Pusat Penerangan Politik (Puspenspol) untuk periode 4 Februari 2024 pukul 18.00 WIB hingga 5 Februari 2024 pukul 12.00 WIB, bertepatan dengan pelaksanaan dan pasca debat capres kelima, membuktikan Prabowo-Gibran mendominasi percakapan di TikTok dengan jumlah mention yang paling unggul.

Baca Juga: Peragakan Coblos Wajah Gibran, Kaesang: Raine Samsul Iki Dicoblos!

Data di atas menunjukkan bahwa Prabowo Subianto mencapai total mention dengan skor 1529 di TikTok, dan positive mention mencapai 34%, menempatkannya di urutan teratas dibandingkan dengan Anies Baswedan yang mencatat skor total mention sebanyak 1041 dan positive mention 18%, serta Ganjar Pranowo yang berada di posisi terendah dengan total mention 798 dan positive mention 20%.

Adrian Zakhary, Direktur Strategis Puspenpol, mengungkapkan, bahwa saat debat dan pasca debat mention terhadap ketiga kandidat memiliki jumlah yang tinggi. Namun dari ketiganya mention Prabowo adalah yang paling unggul.

“Pada 4-5 Februari 2024, saat debat capres dan pasca debat berlangsung, mention terkait semua paslon menunjukkan angka yang tinggi. Namun, Capres nomor urut 02, Prabowo, terbesar ya, disusul Capres nomor urut 01, Anies, di posisi kedua dan Capres nomor urut 03, Ganjar, di posisi terakhir,” kata Adrian di Jakarta pada Senin, (05/02/2024).

Dalam jumlah postingan dengan konten UGC, Prabowo mendominasi dengan 1.798.500 video di TikTok, jauh mengungguli Ganjar yang hanya mendapatkan 1.335.800 video, dan Anies yang berada di posisi terendah dengan 711.100 video.

“Capres nomor urut 02 Prabowo lagi-lagi unggul di platform TikTok dengan persentase signifikan dari perbandingan total konten UGC, perbandingan views, hingga perbandingan konten TikTok pasca debat Capres kemarin,” tandasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: