Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lembaga Survei Nasional: Pilpres Akan Berlangsung Satu Putaran

Lembaga Survei Nasional: Pilpres Akan Berlangsung Satu Putaran Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbaru tentang perkembangan elektabilitas pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden serta partai politik di akhir masa kampanye. 

Hasilnya, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tembus 51,9%, semakin jauh meninggalkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (24,3%) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (18,7%). 

Baca Juga: Peluang Pilpres Dua Putaran Mulai Menipis, Bos Lembaga Survei Blak-blakan!

"Dengan kondisi seperti ini, pemilihan presiden (Pilpres) 2024 hampir pasti akan berlangsung dalam satu putaran saja,"kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry kepada wartawan secara daring, Sabtu (10/2/2024)

Gema menjelaskan survei nasional LSN dilaksanakan pada 4-9 Februari 2024 di 38 provinsi di seluruhIndonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang telah berumur minimal 17 tahun (memiliki e-KTP). 

Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (systematic random sampling).Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara melalu itelpon oleh tenaga terlatih yang dipandu kuesioner. Sedangkan ambang kesalahan (margin of error) yang ditetapkan dalam survei ini sebesar +/- 2,83% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%. Validasi data mengacu pada data kependudukan yang dikeluarkan BPS.

"Berdasarkan hasil survei LSN, untuk elektabilitas paslon presiden dan wakil presiden, posisi Prabowo-Gibran di posisi teratas hampir pasti tak tergoyahkan lagi," ungkapnya 

Ketika LSN mengajukan pertanyaan kepada responden, seandainya Pilpres dilaksanakan saat ini paslon mana yang dipilih, ternyata sebanyak 51,9% responden menjatuhkan pilihan pada Prabowo-Gibran. 

Kemudian pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dipilih oleh 24,3% responden dan pasangan Ganjar-Mahfud MD didukung oleh 18,7%. Sementara itu sebanyak 5,1% responden mengaku belum bisa memutuskan pilih paslon mana (undecided).

Baca Juga: Laksanakan Salat Subuh Berjamaah, Relawan Anies Doakan AMIN Menang di Pilpres 2024

Dengan demikian, pasangan Prabowo-Gibran mengalami perkembangan yang sangat progresif. Hanya dalam waktu sebulan elektabilitas pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu bertambah 2,4%. Yakni dari 49,5% di survei LSN Januari 2024 menjadi 51,9% di survei LSN Februari ini. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: