Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

32 Juta Jam Kerja Selamat, Smelter Freeport Catatkan Kinerja Baik Soal K3!

32 Juta Jam Kerja Selamat, Smelter Freeport Catatkan Kinerja Baik Soal K3! Kredit Foto: Freeport Indonesia
Warta Ekonomi, Gresik -

PT Freeport Indonesia (PTFI) terus mewujudkan komitmennya dalam menerapkan pratik aman hingga keberlanjutan dalam bisnisnya, salah satunya terlihat dalam capaian jam kerja selamat yang ditorehkan perusahaan saat menutup ajang dari Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) 2024.

“Di tengah intensitas tinggi dalam menyelesaikan pembangunan smelter, tim proyek berhasil mencapai lebih dari 32 juta jam kerja selamat. Hal ini merupakan kebanggaan yang patut kita syukuri," kata Deputi Site Manager PTFI Smelter Project Venta Agustri saat penutup BK3N di proyek smelter PTFI, Kawasan Industri JIIPE, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Senin (12/02/24).

Baca Juga: PLN Pasok Tambah Daya 60 MVA untuk Smelter PTFI di Gresik

Venta mengatakan untuk meraih capaian 32 juta jam kerja selamat, pihaknya menerapkan lima hal kunci. Pertama, mengkomunikasikan informasi keselamatan secara teratur kepada karyawan. Kedua, membangun budaya keselamatan dengan mendorong karyawan saling mengingatkan dan mengambil tindakan preventif untuk mengurangi risiko kecelakaan. Ketiga, memastikan kebijakan keselamatan diikuti secara ketat oleh semua karyawan dan memberlakukan sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan.

"Keempat, memastikan peralatan kerja dan fasilitas keselamatan (PPE) dalam kondisi baik. Kelima, melakukan audit K3 dilakukan secara berkala (satu tahun sekali) untuk mengevaluasi kepatuhan terhadap prosedur keselamatan dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan improvement," kata Venta.

Adapun peringatan BK3N 2024 di Smelter PTFI berlangsung selama satu bulan dimulai 12 Januari hingga 12 Februari 2024. Dalam peringatan BK3N 2024 ini Smelter PTFI menggelar berbagai kompetisi K3 di antaranya Fire and Rescue Challenge, Cerdas Cermat K3, PPE Hunter, Tool Box Speech, Kompetisi Foto K3, Poster K3, Maskot K3, dan Kompetisi Olahraga seperti Bulutangkis, Catur, Pingpong, dan Futsal.

Sedangkan kampanye K3 dilakukan melalui kegiatan Donor Darah, Workshop Defensive Driving Training, Health Talk, dan senam aerobik. Dalam puncak perayaan BK3N juga diadakan Safety Demo bekerja sama dengan PT 3M Indonesia. Berbagai kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran karyawan terhadap pentingnya K3.

“Saya ingin mengajak kita semua untuk tidak hanya melihat Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai momentum sementara, tetapi sebagai komitmen jangka panjang, karena setiap langkah kecil yang kita ambil akan membawa dampak besar bagi keselamatan dan kesehatan kita semua,” katanya.

BK3N 2024 mengusung tema besar Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya K3, mewujudkan ketertiban dalam penerapan kebijakan K3, serta untuk meningkatkan partisipasi baik karyawan dan kontraktor SBI dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 disetiap kegiatan perusahaan.

"PTFI terus meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan kerja bagi seluruh karyawan dan kontraktor yang terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan," kata Venta.

Baca Juga: Merajut Masa Depan Masyarakat di Kawasan Tambang Freeport

PTFI telah menginvestasikan 3,1 miliar dolar AS atau setara Rp48 triliun per akhir Desember 2023. Saat beroperasi penuh pada Desember 2024, smelter mampu mengolah konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta dry metric ton (dmt) dan menghasilkan katoda tembaga hingga 600.000 ton per tahun.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: