Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kubu Anies dan Ganjar Berpeluang Besar Bersatu Di Putaran Kedua Demi Tegaknya Demokrasi

Kubu Anies dan Ganjar Berpeluang Besar Bersatu Di Putaran Kedua Demi Tegaknya Demokrasi Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti menyoroti soal konstelasi politik jelang pencoblosan Pemilu pada 14 Februari 2024, mendatang.

Ray menilai, bahwa situasi sekarang sudah mulai melangkah ke arah lebih dari sekedar persoalan elektoral semata. Tetapi lebih ke persoalan menghadapi keadaban politik. Terutama, lebih menguntungkan keluarga ketimbang bangsa dan negara.

"Keadaban politik yang makin terasa hilang dari keseharian pengelolaan negara. Khususnya yang dilakukan oleh presiden," kata Ray saat dihubungi wartawan, Jumat (9/2/2024).

"Yang terlihat lebih mengutamakan kepentingan keluarga di atas kepentingan bangsa dan negara," sambung dia.

Melihat cara pandang seperti ini, Ray mengatakan tidak ada kesulitan berarti untuk mempertemukan dua kubu antara paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md untuk bersatu diputaran kedua Pilpres.

"Keduanya memiliki perbedaan, saya kira hal itu disadari penuh oleh mereka. Tapi menyikapi perbedaan itu tidak lebih penting dari pada menghadapi kemerosotan moral bangsa," ucap Ray.

Sehingga, Ray menilai jika terbuka peluang besar bagi kedua Paslon untuk bergabung demi menjaga tegaknya demokrasi di Tanah Air.

"Maka dari perhitungan itulah, saya kira keduanya dapat bertemu. Kepentingan menjaga demokrasi agar tidak lebih merosot," jelas Ray.

Sinyal kuat terbukanya potensi kerjasama kedua kubu semakin menguat kala Anies Baswedan memberi pujian kepada Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di hari ulang tahunnya ke-77 pada 23 Januari 2024.

"Beliau adalah pribadi yang konsisten dalam menjaga demokrasi, beliau rekam jejaknya menunjukkan sikap hormat pada aturan hukum, aturan konstitusi ketika memenangkan Pilpres." kata Anies

Anies menambahkan, "di hari ultah ini kita bisa ambil pelajaran dari Ibu Mega sebagai orang yang menjaga konstitusi, menjaga demokrasi, semoga panjang umur sehat selalu."

Terkini, Surya Paloh menegaskan terbukanya peluang kerjasama dengan PDI Perjuangan di putaran kedua sebagai sesuatu yang ideal.

"Saya pikir itu amat sangat (terbuka kemungkinan), harusnya demikian. Dan itu bisa juga disadari oleh semua pihak, karena begitu besar permasalahan yang dihadapi untuk bisa menjalankan roda administrasi pemerintahan, sehingga membutuhkan stabilitas nasional agar tetap terjaga," kata Surya di Jakarta, Sabtu, 10 Februari 2024.

Sebelumnya, puluhan organ relawan akar rumput dari kubu AMIN dan GAMA kompak mengadakan nonton bareng atau nobar Debat Pilpres terakhir pada tanggal 04 Februari 2024 yang diadakan di Lippo Mall Kemang Village, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu, perwakilan organ relawan AMIN, Firman Abadi sebagai Ketua Relawan Anies Baswedan Nusantara mengungkapkan harapannya agar para elit politik dari kedua kubu 01 dan 03 turut mendengar aspirasi pendukung akar rumput AMIN dan GAMA.

"Kami yakin ratusan bahkan ribuan relawan AMIN dan GAMA di Indonesia turut memiliki perasaan, pandangan dan kesamaan tujuan dengan kami. Ratusan juta pendukung akar rumput 01 dan 03 siap bersatu di putaran kedua, mendukung tegaknya demokrasi, konstitusi dan reformasi." ungkap Firman.

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel: