Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Cara Gampang Klaim ‘Garansi Bebas Pengembalian’ di Shopee

5 Cara Gampang Klaim ‘Garansi Bebas Pengembalian’ di Shopee Kredit Foto: Shopee
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai platform e-commerce yang menekankan inovasi, Shopee berkomitmen untuk terus meningkatkan layanannya bagi pengguna.

Sejalan dengan komitmen tersebut, Shopee baru saja memperkenalkan terobosan Garansi Bebas Pengembalian; sebuah program yang memungkinkan Pembeli untuk melakukan pengembalian barang dengan alasan ‘Berubah Pikiran’.

Dalam program ini, ongkos kirim pengembalian barang juga akan ditanggung sepenuhnya oleh Shopee.

Garansi Bebas Pengembalian hadir, dilatarbelakangi oleh perilaku konsumen yang masih sering merasa ragu untuk berbelanja online. Sebagian konsumen ini memiliki kekhawatiran bahwa kondisi barang yang dipesan secara online tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

Kehadiran Garansi Bebas Pengembalian diharapkan dapat menjadi solusi tambahan yang menawarkan keamanan ekstra bagi para Pembeli di Shopee dan membantu meningkatkan potensi penjualan bagi para Penjual.

Baca Juga: High-End Brands Indonesia by Shopee Hadirkan Pengalaman Belanja Fesyen Eksklusif Hasil Karya Perancang Busana Indonesia

Berikut beberapa check list yang wajib Pembeli perhatikan untuk memastikan permintaan garansi bebas pengembalian disetujui:

1. Jaga Label Produk/Merek Tersegel dengan Baik

Pastikan label produk atau merek masih tersegel dengan baik seperti saat barang dikirim oleh penjual. Jangan merusak atau melepaskan label tersebut, karena hal ini dapat menyebabkan barang tidak dapat ditukar kembali.

2. Pastikan Produk dalam Kondisi Sama saat Diterima

Kembalikan produk dalam kondisi sama seperti yang dikirimkan oleh Penjual. Jaga kondisi produk dengan baik, pastikan produk tidak berbau, tidak kotor, tidak ada noda, dan tidak ada perubahan bentuk maupun ukuran.

3. Jangan Gunakan Produk Sebelum Dikembalikan

Terakhir, pastikan produk masih dalam kondisi yang sama seperti saat dikirim penjual. Pembeli tidak dapat menggunakan produk hanya untuk kepentingan pribadi, lalu mencoba mengembalikan produk tersebut ke penjual menggunakan Garansi Bebas Pengembalian.

Baca Juga: Deretan Brand yang Masuk Shopee Super Brand, Unilever Salah Satunya

4. Sertakan Semua Dokumen yang Diperlukan

Jangan lupa untuk menyertakan kartu keaslian atau garansi produk yang diberikan oleh penjual. Dokumen ini penting untuk membuktikan keaslian dan kondisi produk.

5. Jangan Buka Kemasan yang Rusak

Hindari membuka kemasan jika sudah terindikasi rusak saat diterima. Tandai kemasan produk dengan instruksi "Jangan dibuka jika kemasan rusak" untuk memastikan Garansi Bebas Pengembalian tetap berlaku.

Selain menerapkan aturan yang ketat, Shopee juga memiliki sistem internal yang secara proaktif melakukan penilaian terhadap setiap profil Pengguna Shopee. Pengguna yang terbukti melakukan penyalahgunaan terhadap Program Garansi Bebas Pengembalian akan mendapatkan sanksi.

Informasi lebih lanjut mengenai Program Garansi Bebas Pengembalian dapat dilihat di sini.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: