Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung Perkembangan UMK, Pelindo Resmikan Local Pride Spot di Pelindo Tower

Dukung Perkembangan UMK, Pelindo Resmikan Local Pride Spot di Pelindo Tower Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo meresmikan beroperasinya Local Pride Spot (SLP), yang menjadi wadah untuk memamerkan produk unggulan mitra binaan Pelindo. 

Berlokasi di area komersial Pelindo Tower, di Jakarta Utara, Local Pride Spot menjadi outlet yang menawarkan berbagai produk unggulan mitra binaan Pelindo dari seluruh Indonesia.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Pelindo, Ihsanuddin Usman mengatakan, Local Pride Spot bukan hanya sekadar tempat belanja, tetapi juga wadah untuk mendukung perkembangan UMK di Indonesia. 

“Dengan adanya outlet ini, kami berharap dapat memberikan platform yang lebih luas bagi para pengusaha lokal untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan," ujar Ihsanuddin, Rabu (6/3/2024) dalam keterangannya.

Baca Juga: Semarakkan Bulan K3 Nasional, Subholding Pelindo Luncurkan Sistem Drone Safety Patrol

Local Pride Spot menawarkan beragam produk unggulan lokal, mulai dari kain tradisional, perhiasan etnik, kuliner khas, hingga kebutuhan sehari-hari. Dengan luas 10 x 10 meter, outlet ini diisi dengan produk-produk yang memenuhi standar nasional, dan menciptakan pengalaman berbelanja yang memuaskan.

Febrianto Zenny, Department Head Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo menjelaskan bahwa tidak semua produk UMK binaan dapat dipamerkan di Local Pride Spot. "Kami menetapkan standar ketat di mana hanya produk unggulan yang lolos seleksi dan memiliki potensi daya saing nasional," ujarnya.

Dia menekankan, upaya peningkatan ekonomi melalui penguatan UMK menjadi fokus utama manajemen Pelindo. "Pengembangan UMK dilakukan melalui tiga tahap yaitu Maritimepreneur untuk kurasi, seleksi dan pelatihan, berikutnya Akselerator dengan kerjasama pemasaran pihak ketiga dan mengikuti pameran nasional, serta yang terakhir Gedor Ekspor yaitu inkubasi khusus untuk mendorong produk UMK di ekspor," kata Febrianto.

Baca Juga: 16 UMK Akselerator Program Gedor Ekspor Pelindo Promosikan Produk Unggulan di Inacraft 2024

Saat ini, Local Pride Spot menjadi rumah bagi 47 UMK yang berhasil lolos seleksi. Di antaranya, 18 UMK bergerak di bidang fashion, 19 fokus pada kuliner dan makanan, serta 10 UMK lainnya menonjol dalam bidang seni dan kerajinan. Total produk UMK yang dipamerkan mencapai 414 produk.

Seperti outlet lain pada umumnya, di Local Pride Spot pengunjung bisa berbelanja dengan transaksi tunai maupun nontunai, termasuk menggunakan QRIS. 

Outlet ini bahkan mendukung pembayaran lewat P-EATS (mekanisme voucher yang digunakan oleh tenant dan pegawai di lingkungan Pelindo grup), sehingga memudahkan para pengunjung bertransaksi.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Deputi Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono, Direktur Eksekutif Forum TJSL BUMN, I Gede Arimbawa, serta Direktur Sub Holding dan beberapa direktur Group perusahaan Pelindo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: