Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Transcosmos Indonesia Dorong Efektivitas CX Perusahaan melalui Talkbot

Transcosmos Indonesia Dorong Efektivitas CX Perusahaan melalui Talkbot Kredit Foto: Transcosmos
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sektor Customer Experience (CX) di Indonesia tengah mengalami transformasi signifikan. Teknologi terbaru seperti chatbot, talkbot, dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), telah membawa efisiensi baru ke dalam sektor CX. 

Penggunaan teknologi ini tidak hanya mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan, tetapi juga meningkatkan kualitas layanan secara keseluruhan.

Praktik penggunaan talkbot juga saat ini semakin meluas. Talkbot banyak digunakan di industri finansial teknologi (fintech), misalnya, untuk mengingatkan pembayaran kartu kredit, melakukan penagihan (collection), dan layanan lainnya. Fintech telah sukses mengimplementasikan teknologi ini untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih efisien dan ramah.

Namun, pengaplikasian talkbot tidak terbatas pada industri fintech saja. Sebagai contoh, dalam industri elektronik, perusahaan layanan bisnis digital, transcosmos Indonesia (TCID) telah mengaplikasikan talkbot untuk melakukan survei kepuasan pelanggan. Ini menjadi bukti bagaimana teknologi dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan khusus sektor tertentu, menciptakan interaksi yang lebih personal dan efektif dengan pelanggan.

Baca Juga: XL Axiata Bersama Huawei Bakal Dorong Pemanfaatan Artificial Intelligence

Layanan talkbot dari TCID menawarkan lebih dari sekadar jawaban ya/tidak. Dengan teknologi canggih, talkbot dapat menghadirkan interaksi yang mirip selayaknya manusia, seperti membaca dan merespon emosi pengguna. Ini menciptakan perasaan berkomunikasi dengan manusia, bukan robot. Lebih dari itu, talkbot juga dapat menggali lebih dalam tentang pengalaman pelanggan di berbagai sektor. Contohnya pada industri elektronik, penerapan talkbot dapat digunakan pada layanan service center. Di sini, talkbot dapat menggali kepuasan pelanggan terkait layanan dan kualitas produk pada layanan purna jual.

Dengan penerapan talkbot dari TCID, secara keseluruhan, perusahaan berhasil meningkatkan produktivitas operasional hingga 67% dalam kurun waktu tiga bulan. Sebelumnya, dengan menggunakan agen konvensional, mereka hanya dapat menghubungi sekitar dua ribu pelanggan. Namun, melalui penggunaan talkbot, jumlah kontak yang berhasil dihubungi meningkat signifikan hingga mencapai tujuh ribu pelanggan. Selain itu, perusahaan juga berhasil mengurangi beban operasionalnya hingga lebih dari 60%.

Vice President Director transcosmos Indonesia, Ardi Sudarto, mengatakan, penerapan teknologi seperti talkbot dalam strategi Customer Experience (CX) membuktikan bahwa inovasi di bidang artificial intelligence (AI) dapat menjadi pendorong efisiensi dan produktivitas. 

“Melalui teknologi ini, perusahaan dapat mengoptimalkan operasionalnya, memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan pada akhirnya, menciptakan fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan berkelanjutan di tengah persaingan yang ketat,” ujarnya. Jakarta, Senin (18/3/2024). 

Baca Juga: Fitur IPOT Chat Diluncurkan! Nasabah IPOT Kini Bisa Chat, Collab Hingga Cuan dari Ujung Jari

transcosmos Indonesia meyakini bahwa Customer Experience (CX) yang dikelola dengan baik adalah kunci untuk memenangkan hati konsumen di pasar yang kompetitif. Sejalan dengan keyakinan ini, TCID berkomitmen untuk terus berinovasi dan berinvestasi dalam teknologi dan layanan yang mampu meningkatkan kualitas CX.

Dalam hal perkembangan teknologi, ada beberapa tren yang diantisipasi akan membentuk industri elektronik maupun sektor lainnya di masa depan. Perkembangan teknologi, seperti IoT (internet of things), voice assistant, dan personalisasi berbasis data, akan semakin populer dan membuka peluang untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih mendalam. Integrasi IoT memungkinkan informasi real-time tentang produk, voice assistant akan meningkatkan layanan pelanggan, dan personalisasi berbasis data akan memberikan pengalaman yang lebih relevan.

transcosmos Indonesia merupakan penyedia layanan customer experience dan digital bisnis yang merupakan anak perusahaan dari transcosmos Inc., perusahaan yang berpusat di Jepang dan berdiri sejak tahun 1966. transcosmos Indonesia menghadirkan layanan terpadu untuk mendukung berbagai aspek bisnis klien, termasuk teknologi CX.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: