Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tunjukan Jati Diri Indonesia di Dunia Digital, Produksi Konten Budaya Lokal Secara Tepat

Tunjukan Jati Diri Indonesia di Dunia Digital, Produksi Konten Budaya Lokal Secara Tepat Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Blitar -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) berkomitmen meningkatkan literasi digital masyarakat menuju Indonesia #MakinCakapDigital2024. Dalam rangka mewujudkan target tersebut, Kominfo RI kembali menggelar kegiatan webinar Makin Cakap Digital 2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur dengan tema “Konten Kreatif Berbasis Budaya Lokal” pada Kamis (21/3/2024).

Indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di angka 3,65 dari skala 1-5. Angka ini berada di tingkat sedang, sekaligus menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 3,54.

Masifnya kemajuan teknologi informasi harus disikapi secara bijak. Kehadiran media sosial membuat masyarakat seakan makin sibuk. Individu mengaksesnya selama enam hingga tujuh jam dalam sehari. Sekretaris Presidium dan Project Officer Program Cek Fakta Mafindo, Muh. Ansari mengatakan, situasi ini tentu tidak boleh terus berlanjut.

Masyarakat perlu mengarahkan media sosial untuk sesuatu yang positif, termasuk memproduksi konten-koten budaya lokal Indonesia. Dengan begitu budaya Indonesia tidak kalah bersaing dengan budaya lainnya di dunia digital.

“Sangat penting bagi kita untuk dapat memproduksi dan mendistribusikan konten berbudaya lokal yang tepat,” ujar Ansari saat menjadi pembicara webinar Makin Cakap Digital 2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (21/3/2024).

Individu dapat menyelenggarakan kegiatan bertemakan kebudayaan, kemudian membuat hastag khusus untuk semua media sosial. Utamakan posting konten mengenai budaya yang ada di kota/daerah tempat tinggal. Terpenting memperkenalkan budaya tersebut dengan platform media sosial yang trending.

Baca Juga: Hiasi Ruang Digital dengan Konten Budaya Indonesia, Utamakan Berbagi dan Berkontribusi

Dalam kesempatan sama, Akademisi Unitomo, CER ACSB East Java, Meithiana Indrasar menambahkan, masyarakat tidak hanya menunjukkan eksistensi Indonesia di dunia digital, tapi tetap memperlihatkan kesopanan dan kesantunan yang menjadi budaya Indonesia.

“Kita harus bersama-sama mengembalikan jati diri Indonesia di ruang digital,” kata Meithiana.

Generasi muda harus mampu menguatkan budaya Indonesia di tengah gempuran budaya asing di dunia digital. Jangan sampai ada klaim-klaim negara lain atas kekayaan Indonesia.

Selalu dukung produk dalam negeri dan menunjukkan kebanggan tersebut melalui postingan di media sosial. Langkah ini sekaligus bentuk promosi, sehingga membantu pelaku usaha mendapatkan pendapatan lebih banyak lagi.

Narasumber lain, Communication Coach, Profesional Trainer, Hilbram Dunar menyebutkan, pemahaman mengenai etikan menjadi modal penting bagi individu ketika berinteraksi dan berkomunikasi di media sosial. Masyarakat harus bijak dalam membagikan informasi dan hormati pendapat orang lain.

Baca Juga: Terapkan Digitalisasi Budaya Agar Kebudayaan Indonesia Jadi Tuan Rumah di Dunia Digital

“Jangan merendahkan. Jangan gunakan kata-kata kasar. Jangan membuat orang lain merasa tidak nyaman. Gunakan kata-kata positif, bukan yang menyerang,” kata Hilbram.

Kegiatan Makin Cakap Digital 2024 merupakan rangkaian program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. Program ini bertujuan meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat di Indonesia.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu Sekretaris Presidium dan Project Officer Program Cek Fakta Mafindo, Muh. Ansari, Akademisi Unitomo, CER ACSB East Java, Meithiana Indrasar, dan Communication Coach, Profesional Trainer, Hilbram Dunar sebagai key opinion leader (KOL).

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan YouTube Literasi Digital Kominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: