Prudential Indonesia Dorong Generasi Muda Tingkatkan Literasi Keuangan
Generasi muda dinilai menjadi garda terdepan yang akan membawa angin segar bagi sektor keuangan.
Kendati begitu hal ini pun perlu didukung dengan peningkatan literasi keuangan. Literasi keuangan merupakan fondasi yang penting untuk membangun masa depan yang lebih cerah, baik bagi individu maupun masyarakat secara keseluruhan.
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mempertegas komitmennya untuk berkontribusi secara positif dalam aspek sosial, termasuk peningkatan literasi keuangan untuk generasi muda melalui program Cha-Ching pada Global Money Week 2024 Maret ini, yang bertemakan "Lindungi Uang Anda, Amankan Masa Depan Anda".
Global Money Week adalah kampanye global yang berfokus pada pentingnya pengelolaan keuangan yang ditargetkan bagi para generasi muda untuk mencapai kesejahteraan dan ketahanan finansial.
Untuk mendukung hal tersebut, Prudential Indonesia terus mewujudkan komitmennya dengan melanjutkan program Literasi Keuangan untuk Anak, yaitu Cha-Ching, kepada puluhan murid sekolah dasar di SDN Cipinang 01, Jakarta Timur pada Jumat, (22/03/2024).
Baca Juga: Prudential Syariah Resmi Menunjuk Iskandar Ezzahuddin Ahmad Zulkiflee sebagai Presiden Direktur
Berkolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia, acara tersebut melibatkan para PRUVolunteers, yaitu karyawan Prudential di Indonesia untuk mengajar murid-murid sekolah dasar tentang dasar-dasar manajemen keuangan, dengan harapan dapat melatih anak-anak dalam membuat keputusan keuangan yang baik hingga mencapai kesejahteraan dan ketahanan finansial sejak usia dini.
Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK di 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68%, meningkat dibandingkan 2019 yang hanya 38,03%.
Sementara indeks inklusi keuangan di 2022 mencapai 85,10%, meningkat dibandingkan SNLIK OJK di 2019 (76,19%). Hadirnya program Cha-Ching dari Prudential Indonesia diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk meningkatkan angka literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, bahkan sejak usia dini agar mempersiapkan generasi mendatang yang lebih tangguh terhadap tantangan dan perubahan ekonomi di setiap fase kehidupannya.
“Kami sangat senang dengan antusiasme yang tinggi dari para murid sekolah dasar yang mengikuti kegiatan edukasi finansial Cha-Ching kali ini. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari rangkaian edukasi Kurikulum Cha-Ching yang telah dilaksanakan sejak 2017 dan telah menjangkau lebih dari 390.000 murid dan melatih lebih dari 12.000 guru di lebih dari 6.900 sekolah di 8 provinsi dan 15 kota di Indonesia," kata Karin Zulkarnaen, Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia.
Baca Juga: Prudential Indonesia Tunjuk Tony Benitez sebagai CEO dan Presiden Direktur
Melalui program Cha-Ching, kami berharap semakin banyak anak-anak Indonesia yang melek finansial sejak usia dini mulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil, sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan sekaligus mendorong angka literasi finansial di Indonesia," lanjut Karin.
Sementara itu, Bonyta Riska Maryani salah satu anggota PRUVolunteer mengungkapkan, Prudential Indonesia memiliki program yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa siswi di Sekolah seperti Program Cha-Ching kali ini.
"Melihat para murid yang semangat belajar manajemen keuangan sejak dini, membuat kami para volunteer juga ikut terinspirasi untuk terus belajar dan memberikan ilmu manajemen keuangan. Semoga program ini dapat terus dilanjutkan Prudential Indonesia hingga ke berbagai pelosok tanah air," ucap Bonyta.
Sejak 2017, Kurikulum Cha-Ching telah diadakan dengan bekerja sama dengan para pendidik, sekolah, dan pemerintah di tingkat nasional dan lokal. Prudential Indonesia juga secara berkelanjutan menginisiasikan program Literasi Keuangan dan Asuransi untuk anak muda dan dewasa yang diimplementasikan melalui berbagai platform, baik secara tatap muka maupun online/digital.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Naeli Zakiyah Nazah
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement