Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Proyeksi Belanja Iklan Tertinggi di Asia Tenggara, Retail Media Network Makin Diminati di Indonesia

Proyeksi Belanja Iklan Tertinggi di Asia Tenggara, Retail Media Network Makin Diminati di Indonesia GrabAds | Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Retail Media Network terbukti menjadi saluran periklanan yang signifikan bagi para pemasar di Indonesia, dengan proyeksi CAGR (Laju Pertumbuhan Tahunan) tertinggi di Asia Tenggara. Bahkan, belanja iklan RMN di Indonesia diperkirakan akan melonjak sebesar 219% dari tahun 2023 hingga 2030, dan akan memiliki CAGR sebesar 13,41%.

Angka ini 1,9x lebih tinggi dari proyeksi pertumbuhan global, menegaskan semakin pentingnya RMN sebagai platform beriklan utama bagi brand dan pemasar di Indonesia (lihat gambar 1 di bawah).

Data di atas diperoleh dari studi terbaru yang dilakukan oleh GrabAds, sebuah layanan iklan dari superapp terdepan di Asia Tenggara, Grab, bersama Kantar, salah satu perusahaan riset terkemuka untuk periklanan. Secara global, belanja iklan RMN diperkirakan akan meningkat hingga 73% dalam tujuh tahun ke depan, melampaui tingkat pertumbuhan di bidang pencarian (47%) dan sosial (45%).

Retail Media Network adalah ekosistem ritel yang menggunakan data pihak pertama untuk membuat iklan yang sesuai dan ditargetkan kepada konsumen tertentu, sehingga dapat memberikan dampak maksimal bagi brand maupun pengiklan, sambil memastikan pengukuran iklan yang tepat.

Retail Media Network (RMN) memanfaatkan data unik pengguna untuk mengoptimalkan kampanye iklan (close the advertising loop), dan membuat pengiklan bisa lebih tepat sasaran dalam menyasar konsumen dan mengukur langsung seberapa efektifnya iklan yang dijalankan pada saat mereka melakukan pembelian. 

GrabAds dan Kantar melihat para brand di Asia Tenggara akan melakukan investasi di RMN tahun ini, dengan proyeksi pertumbuhan belanja iklan dari tahun ke tahun akan meningkat dari 8% di tahun 2024 menjadi 11% di tahun 2030.

Berdasarkan studi Kantar Media Reactions 2022, RMN berhasil menduduki peringkat pertama dalam hal ekuitas iklan di berbagai media. Ekuitas iklan mengukur seberapa baik pesan iklan diterima konsumen, dan kampanye iklan dengan ekuitas iklan positif terbukti berdampak 7 kali lebih efektif.

Selain itu, hal ini terbukti dengan Grab menjadi superapp dengan ekuitas iklan tertinggi di Indonesia berdasarkan data pada Kantar Media Reactions 2023.

“RMN memungkinkan pengiklan maupun brand untuk menayangkan iklan yang relevan kepada konsumen dengan menampilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan perilaku mereka di setiap perjalanan pembelian konsumen. Pendekatan periklanan ini dapat membantu brand untuk memberikan nilai tambah bagi konsumen, tanpa mengganggu pengalaman berbelanja konsumen di aplikasi,” ujar Katie McClintock, Regional Managing Director, Kantar. 

“Untuk dapat memberikan makna yang berkesan dan berbeda kepada konsumen, brand perlu memahami kebiasaan dan perilaku mereka. Kami di Kantar melihat bahwa RMN melalui penggunaan data pihak pertama dari transaksi konsumen, dapat menjadi saluran ataupun alat bagi brand untuk memberikan nilai besar dan diferensiasi brand yang kuat bagi konsumen.”

Baca Juga: Jadi yang Pertama di Indonesia, Grab Menerima Sertifikat Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPPU

Superapp mendorong pertumbuhan RMN dengan menawarkan pengalaman ‘belanja hybrid’

Berbeda dengan jenis RMN lainnya yang hanya mencakup tahapan pembelian tertentu, RMN pada superapp, seperti Grab, dapat mencapai konsumen di semua tahap perjalanan pembelian mereka, mulai dari pengenalan akan produk (awareness) hingga pembelian (purchase).

Hal ini mencakup pengalaman berbelanja omnichannel yang melibatkan belanja di toko fisik maupun secara online. Bahkan, 79% pembeli di Asia Tenggara telah menggunakan saluran online dan offline, dan penggunaan keduanya meningkatkan kemungkinan penerimaan iklan positif sebesar 5%. 

Selain itu, meningkatnya pangsa RMN dalam bauran media pemasaran selama 7 tahun ke depan juga didorong oleh karakter unik pasar di Asia Tenggara yang cukup dinamis. Studi GrabAds dan Kantar pun mengungkapkan 2 dari 3 orang Asia Tenggara merasa penting untuk memiliki produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebanyak 61% juga menyatakan bahwa sangat penting untuk memiliki produk atau layanan yang dapat mengantisipasi kebutuhan mereka, dibandingkan dengan angka global yang hanya 52%. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen Asia Tenggara lebih memilih transaksi yang lancar dan nyaman yang dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan cepat.

Superapp RMN menjadi pilihan yang tepat untuk melayani kebutuhan konsumen dengan ekosistem full-funnel dari offline ke online (O2O) yang didukung oleh data pihak pertama.

Laporan Tren Kuliner dan Belanja Harian 2023 yang dirilis GrabAds di Indonesia mengungkapkan bahwa 9 dari 10 pengguna lebih memilih restoran yang menawarkan pengalaman online-to-offline atau omnichannel (O2O) yang terintegrasi serta mengindikasikan bahwa permintaan konsumen yang sudah melek teknologi ini membuka jalan bagi RMN untuk berkembang pesat di Indonesia.

"Grab, sebagai superapp terkemuka di Asia Tenggara, melalui solusi periklanan terdepannya, GrabAds, dapat menawarkan iklan yang sangat personal di setiap titik sentuh perjalanan konsumen di Indonesia, dengan memahami perilaku belanja mereka yang cenderung mencari perpaduan yang tepat antara pengalaman berbelanja online dan offline.

Pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen ini sangat penting bagi brand yang ingin melibatkan masyarakat Indonesia yang sangat mobile-savvy dan mengutamakan aspek kenyamanan berbelanja," ujar Roy Nugroho, Direktur Grab For Business (GFB) Grab Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: