Kemendag - Telkom Kolaborasi Dorong Industri Game Lokal Mendunia
Kementerian Perdagangan (Kemendag), Telkom Group dan Asosiasi Game Indonesia berkolaborasi memberikan pemahaman lebih mendalam hingga mendongkrak ekosistem industri game tanah air dengan menghadirkan seminar dari “Formulasikan Business Process dan Standard Pitch Deck sesuai dengan Standar Publisher” di IndigoHub Bandung.
Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif, Merry Maryati mengatakan gelaran tersebut diharapkan akan memberikan kemudahan untuk game developer dalam mencari kontrak atau kerja sama dengan publisher.
Baca Juga: Gametech Exhibition, Dukungan Telkom untuk Industri Game Indonesia
“Kami ingin sekali karya-karya dari para peserta penggiat game dapat membuat game yang dimainkan di mancanegara tidak hanya di Indonesia. Developer harus berani pitching ke publisher di luar negeri untuk bisa dilirik dan menjadi salah satu karir yang baik bagi anak muda nantinya” ujarnya dilansir Sabtu (4/5).
Adapun acara tersebut dihadiri oleh pembicara khusus dari expertise game yaitu Rachmad Imron selaku CEO di Digital Happiness sekaligus mentor di Indigo Game dan Natasha Violeta selaku International Relation Manager di Asosiasi Game Indonesia. Kedua pembicara ini memberikan pengalaman dan pengetahuan mereka tentang bagaimana cara untuk mendapatkan publisher game baik dari dalam dan luar negeri.
Acara ini diikuti oleh lebih dari 50 orang peserta penggiat game di Bandung. Para peserta mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan wawasan secara luas baik dari pengalaman expertise maupun kesempatan dalam mengembangkan game sampai nantinya bisa publish.
Sementara itu, Indigo game yang merupakan sub-program Indigo by Telkom Indonesia, yang menjadi kolaborator dalam acara ini adalah program inkubator untuk startup game lokal baik dari segi intake, production dan juga funding untuk para startup lokal sehingga dapat mempercepat komersialisasi game di market global.
“Saat ini kami Indigo Game sudah membina 17 startup game dan pendanaan dari Indigo yang mana 10 dari 17 dari startup game tersebut sudah release game, 1 diantaranya sudah self publish, 9 diantaranya sudah berhasil publish yang mana 3 diantaranya dipublish oleh PT Nuon Digital Indonesia, 6 diantaranya pun sudah berhasil deal dengan publisher global ada dari Amerika, Singapore, Perancis dan Belanda” ujar Manajer Program Inkubasi di Indigo Telkom, Aline Zivana.
Baca Juga: Bos Telkom Sebut 2023 Jadi Tahun yang Menantang di Tengah Agenda Transformasi
Seminar yang diadakan oleh Kementerian Perdagangan ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara Indigo by Telkom Indonesia, Kementerian Perdagangan, PT. Nuon Digital Indonesia, dan Asosiasi Game Indonesia yang mana tiga entitas tersebut bergerak di bidang komunitas, developer, publisher, dan inkubator game di Indonesia. Harapannya, acara ini dapat memberikan manfaat dan dampak yang positif bagi para startup game di Bandung untuk Indonesia. Acara ini juga menunjukkan komitmen dan dukungan dari Kementerian Perdagangan, Telkom Indigo, NUON dan AGI terhadap pengembangan ekosistem startup game di Indonesia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait:
Advertisement