Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Strategi Pemasaran Global ala STB Mampu Kukuhkan Bisnis dan Pariwisata

Strategi Pemasaran Global ala STB Mampu Kukuhkan Bisnis dan Pariwisata Kredit Foto: Naeli Zakiyah Nazah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perkembangan ekonomi dunia mampu melahirkan peluang usaha yang mendukung sebuah bisnis untuk berkembang secara global, serta mampu mengurangi bisnis asing yang masuk atau ikut campur ke dalam perekonomian lokal. 

Selain itu, upaya pemasaran global perlu dilakukan sebab nyatanya dapat berdampak pada eksistensi dan perkembangan bisnis dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat suatu negara. 

Oleh karena itu Singapore Tourism Board (STB) telah meluncurkan kampanye pemasaran global untuk memperkuat posisi Singapura sebagai “Destinasi MICE Unggul di Dunia”. 

Kampanye ini bertujuan untuk mengundang penyelenggara acara MICE (Meeting, Incentives, Conventions, and Exhibitions) dari Indonesia untuk mempertimbangkan Singapura sebagai destinasi MICE unggul yang dapat memberikan hasil berdampak di tengah lanskap yang kompetitif. 

Kampanye ini merupakan bagian dari enam kampanye global yang akan diluncurkan STB dalam beberapa tahun mendatang untuk memperkaya cara menceritakan kisah Singapura. 

Seperti yang kita ketahui Singapura merupakan salah satu pusat perdagangan utama dengan inovasi, teknologi, dan kemampuan riset yang terdepan, menawarkan wadah netral untuk dialog yang bermakna, akses ke penawaran pariwisata yang unik, serta rekam jejak positif dalam penyelenggaraan acara berkualitas tinggi. 

Selain itu, Singapura juga telah menetapkan target, standar, program sertifikasi, dan insentif yang jelas untuk membangun industri MICE yang lebih ramah lingkungan.

Hal ini menekankan kebutuhan yang semakin meningkat bagi destinasi untuk mendefinisikan kembali pengalaman dan dukungan yang diberikan pada penyelenggara acara MICE, pelaku bisnis, serta delegasi acara, yang semakin fokus pada menciptakan perubahan bermakna. 

Yap Chin Siang, Deputy Chief Executive Singapore Tourism Board, menuturkan memposisikan Singapura sebagai Destinasi MICE Unggul secara global menjadi bagian integral dari ambisi yang mana dilakukan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dan memperkuat kelebihan Singapura. 

"Hal ini sangat penting karena penyelenggara acara MICE dan para delegasi mencari destinasi yang memberikan nilai dan dampak positif. Kami tetap berkomitmen untuk berinvestasi pada produk dan pengalaman MICE baru, dan kami mengundang penyelenggara acara untuk bersama-sama menciptakan acara bisnis yang menghasilkan perubahan berdampak dengan kami," ungkap Yap Chin Siang, Kamis (9/05). 

Beberapa contoh acara bisnis yang telah memanfaatkan keunggulan Singapura untuk mengatasi kebutuhan atau kesenjangan dalam komunitas yang dituju antara lain: 

- Singapore International Water Week, platform premier di dunia yang mengumpulkan pemimpin dan pakar untuk berbagi praktik terbaik dan solusi inovatif dalam manajemen air, penanggulangan banjir, dan perlindungan pesisir yang mendesak untuk mengatasi tantangan iklim yang terkait dengan air.

- RehabWeek 2023, acara yang mengumpulkan delegasi dari seluruh dunia untuk bertukar pratik terbaik dan mendorong perkembangan terkini dalam dunia rehabilitasi.

- World Congress of Anaesthesiologists 2024, yang menampilkan bagaimana keberlanjutan dapat diterapkan pada bidang anestesiologi. 

Kampanye pemasaran global STB bertujuan untuk memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi MICE yang menarik secara global. Dengan upaya Singapura melakukan pendekatan khas dalam membangun dampak yang berkesan, tak heran Singapura mampu menjadi tuan rumah bagi berbagai acara bisnis yang memimpin perubahan dalam menciptakan dampak positif.

 

 

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Naeli Zakiyah Nazah
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: