Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

April 2024, Konsumen Makin Yakin dengan Kondisi Perekonomian Indonesia

April 2024, Konsumen Makin Yakin dengan Kondisi Perekonomian Indonesia Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada April 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2024 sebesar 127,7, lebih tinggi dibandingkan 123,8 pada bulan sebelumnya.

Asisten Gubernur BI Erwin Haryono mengatakan, meningkatnya keyakinan konsumen pada April 2024 didorong oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

Baca Juga: Survei Konsumen Maret 2024 Diprediksi Meningkat, Ini Faktornya

"IKE tercatat meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, terutama pada Indeks Penghasilan Saat Ini. IEK juga menguat pada seluruh komponen pembentuknya, utamanya pada Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha," ujarnya di Jakarta, Senin (13/5/2024).

Adapun IKE April 2024 berada pada area optimis sebesar119,4, lebih tinggi dibandingkan 113,8 pada bulan sebelumnya. Meningkatnya IKE April 2024 terutama didorong oleh menguatnya semua komponen pembentuknya, tertinggi pada Indeks Penghasilan Saat Ini yang tercatat sebesar 124,2 meningkat dari 118,1 pada bulan sebelumnya.

Sementara Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan terpantau meningkat. Hal ini tecermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) April 2024 yang berada pada area optimis sebesar 136,0, meningkat dibandingkan 133,8 pada Maret 2024.

Baca Juga: Studi Populix: Ritel Offline dan Online Akomodasi Preferensi Belanja Konsumen Indonesia yang Beragam

"Meningkatnya IEK terutama didorong oleh menguatnya semua komponen pembentuknya dengan peningkatan tertinggi pada ekspektasi terhadap kegiatan usaha sebesar 132,6, meningkat dari 128,1 pada bulan sebelumnya," tutup Erwin.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: