Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

TRIPATRA Dukung Pupuk Kaltim Memulai Proses Revamping Pabrik Tertua, Guna Tekan Emisi dan Terapkan Teknologi Ramah Lingkungan

TRIPATRA Dukung Pupuk Kaltim Memulai Proses Revamping Pabrik Tertua,  Guna Tekan Emisi dan Terapkan Teknologi Ramah Lingkungan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA), penyedia solusi berbasis rekayasa teknik terkemuka di Indonesia, telah menandatangani pejanjian kerja sama dengan Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) untuk memulai proses pembaruan (revamping) Pembaruan Pabrik Amonia-2, yang merupakan pabrik tertuanya dan telah beroperasi sejak 1984.

Kemitraan ini telah dimulai dan pemasangan tiang pancang perdana (first piling) di Bontang, Kalimantan Timur serta penandatanganan komitmen keselamatan (Safety Commitment Ceremony) dilakukan pada tanggal 3 Mei 2024.

Pemasangan tiang pancang perdana ini disaksikan langsung oleh President Director & CEO TRIPATRA Raymond Naldi Rasfuldi bersama dengan Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo.

Proyek ini merupakan komitmen TRIPATRA untuk mendukung Pupuk Kaltim melakukan pembaruan pabrik tertua yang akan lebih efisien sehingga dapat menekan emisi karbon dan menerapkan teknologi ramah lingkungan, sejalan dengan mandat pemerintah Indonesia untuk mencapai net zero emission tahun 2060 dan menciptakan industri yang lebih hijau. 

President Director & CEO TRIPATRA, Raymond Naldi Rasfuldi menjelaskan, "Kami mengucapkan syukur dan terhormat karena telah diberikan kesempatan dan dipercaya oleh PT Pupuk Kaltim dan juga PT Pupuk Indonesia melalui proyek Pembaruan Pabrik Amonia-2 ini. Dengan pemasangan tiang pancang perdana ini, proyek ini sudah memasuki tahap eksekusi. Semua perencanaan telah selesai dan sekarang kita mulai melaksanakan proses pembangunan. Dalam pelaksanaan pembangunan, kami senantiasa menerapkan standar keamanan tertinggi untuk menjamin keselamatan semua pihak yang terlibat dalam proyek ini.”

Baca Juga: Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane ('CBM')

Jika telah beroperasi penuh setelah revamping, Pabrik 2 ini diperkirakan bisa meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi konsumsi gas yang berdampak pada penurunan emisi CO2. Nantinya Pabrik 2 juga dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 4 MMBtu/ton amonia, sehingga turut menekan emisi CO2 setara dengan penurunan emisi sebesar 110.000 ton CO2 per tahun.

Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di industri, TRIPATRA terus bertransformasi dan beradaptasi untuk menyediakan berbagai solusi berbasis rekayasa teknik. TRIPATRA menghadirkan beberapa unit bisnis baru seperti solusi aset yang berfokus pada pemeliharaan dan peningkatan produktivitas fasilitas, dan juga solusi pengadaan yang menjadikan TRIPATRA sebagai mitra terpercaya dalam hal pengadaan sumber daya dan material yang dibutuhkan untuk pada pengembangan proyek.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: