Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Wujudkan Listrik Merata, Berhasil Tembus Empat Desa di NTT

PLN Wujudkan Listrik Merata, Berhasil Tembus Empat Desa di NTT Kredit Foto: Djati Waluyo
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) membangun jaringan baru untuk menerangi empat desa di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan membuat wilayah tersebut teraliri listrik 24 jam. 

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, hal tersebut dilakukan Melalui Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (UIW NTT) dan Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Kupang, PLN telah merampungkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang meliputi Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 7,81 kilometer sirkuit (KMS), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 19,81 KMS dan empat gardu dengan kapasitas 50 kilovolt Ampere (kVA) dengan 344 potensi pelanggan.

Baca Juga: Dukung Akses Teknologi, PLN UIP JBT Salurkan Bantuan Komputer ke SMPN 3 Tengaran

"Empat desa yang kini tersambung listrik PLN tersebut yakni Desa Tublopo di Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara; Desa Meusin di Kecamatan Boking, Kabupaten Timur Tengah Selatan; Desa Kiubaat di Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan; dan Desa Maumutin di Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (15/5/2024). 

Darmawan menegaskan komitmen PLN untuk memastikan hadirnya akses listrik yang merata bagi seluruh masyarakat. Untuk itu, PLN akan terus mendukung agenda pemerintah dalam meningkatkan elektrifikasi di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

“PLN terus mendukung Pemerintah dengan memperluas akses listrik secara merata ke seluruh pelosok negeri sebagai bentuk nyata dari keadilan sosial bagi semua warga Indonesia. Sehingga diharapkan kehadiran listrik mampu mendorong peningkatan kualitas dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. 

General Manager PLN UIW NTT I Gede Agung Sindu Putra mengatakan, realisasi pembangunan Listrik Desa di NTT menjadi salah satu fokus PLN UIW NTT sebagai komitmen perseroan untuk menerangi hingga ke pelosok tanah air. 

Baca Juga: PLN Berhasil Salurkan Listrik untuk Seluruh Desa NTB

Pembangunan jaringan listrik desa pun terus dikebut untuk mempercepat pendistribusian listrik ke desa-desa yang belum mendapatkan kesempatan untuk menikmati listrik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: