Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Adaro Energy Anggarkan Dana Jumbo untuk Dibagikan ke Para Pemegang Saham Sebagai Dividen

Adaro Energy Anggarkan Dana Jumbo untuk Dibagikan ke Para Pemegang Saham Sebagai Dividen Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Adaro Energy Indonesia Tbk (Perseroan) (ADRO) menyatakan bahwa dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) para pemegang saham menyetujui penggunaan laba tahun berjalan Perseroan untuk tahun buku 2023 sebesar US$1,64 miliar, dimana sebesar US$800 juta atau 48,74% akan digunakan untuk pembayaran dividen tunai, yang terdiri dari US$400 juta untuk dividen interim yang telah dibayarkan Perseroan pada tanggal 12 Januari 2024 dan sebesar US$400.000.000 untuk dividen tunai final. Sisa laba tahun berjalan 2023 Perseroan yang sebesar US$841,43 ditetapkan sebagai laba ditahan.

“Apresiasi kami terhadap para pemegang saham kami wujudkan dalam komitmen untuk memberikan pengembalian (return) dalam bentuk dividen tunai yang dibagikan secara reguler dan pembelian kembali saham Perseroan. Setelah membagikan dividen interim pada bulan Januari 2024, pada Rapat ini kami mendapat persetujuan para pemegang saham Perseroan untuk membagikan dividen tunai final sejumlah US$400 juta,” kata Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk, Garibaldi Thohir, Jakarta, Rabu (15/5/2024). 

Baca Juga: XL Axiata Alokasikan Dana Rp635 Miliar Buat Dibagikan Kepada Pemegang Saham Sebagai Dividen

Lebih lanjut, Garibaldi menuturkan bila para pemegang saham juga menyetujui rencana pembelian kembali saham Perseroan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29 Tahun 2023 tentang Pembelian

Kembali Saham yang Dikeluarkan oleh Perusahaan Terbuka, dengan jumlah sebanyak-banyaknya Rp4 triliun, yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu 12 bulan terhitung sejak tanggal 16 Mei 2024.

Selain itu, pada Rapat ini para pemegang saham juga menyetujui pengurangan modal ditempatkan dan disetor melalui penarikan saham hasil pembelian kembali Perseroan. 

Baca Juga: Telkom Alokasikan Dana Rp17,68 Triliun Buat Pemegang Saham Sebagai Dividen

Adapun, RUPST menyetujui perubahan susunan anggota Direksi Perseroan dengan mengangkat Iwan Dewono sebagai direktur menggantikan Chia Ah Hoo. 

“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Chia Ah Hoo atas dedikasi dan kontribusi yang telah beliau berikan kepada Adaro selama menjabat sebagai Direktur Perseroan sejak pertama beroperasi hingga kini menjadi salah satu grup pertambangan dan energi terkemuka di Indonesia.  Saya juga mengucapkan selamat bergabung kepada Bapak Iwan Dewono Budiyuwono di jajaran Direksi Perseroan. Mari kita bersama-sama mewujudkan transformasi bisnis perusahaan sekaligus mendukung transformasi ekonomi Indonesia,” ucap Garibaldi. 

Alhasil, susunan anggota Direksi Perseroan sejak ditutupnya Rapat sampai dengan penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan tahun 2028 menjadi sebagai berikut:

Presiden Direktur: Garibaldi Thohir

Wakil Presiden Direktur: Christian Ariano Rachmat

Direktur: Michael William P. Soeryadjaya

Direktur: Mohammad Syah Indra Aman

Direktur: Julius Aslan

Direktur: Iwan Dewono Budiyuwono

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: