Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kolaborasi Askrindo Syariah dan UNPAD dalam Mendukung Wirausaha Muda

Kolaborasi Askrindo Syariah dan UNPAD dalam Mendukung Wirausaha Muda Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pada hari Rabu tanggal 15 Mei 2024 Komisaris Utama PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah (PT JPAS), Dr. Siti Ma’rifah, MH, MM., memberikan kuliah umum di ruang Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Padjajaran (UNPAD), Jatinangor Jawa Barat.

Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa dan dosen FEB serta dimoderatori oleh Dr. Asep Mulyana, SE., MCE., Ketua Program Studi Magister Manajemen Keuangan Mikro Terpadu & Ketua Konsentrasi Kewirausahaan FEB UNPAD.

Acara tersebut dibuka oleh Dr. Kurniawan Saefullah, SE., MEC, Wakil Dekan FEB UNPAD, dalam sambutannya Dr. Kurniawan menyampaikan bahwa kuliah umum ini bertujuan membuka wawasan mahasiswa akan pentingnya membangun jiwa kewirausahaan sejak dini.

Pada kuliah umum tersebut juga menghadirkan pembicara lainnya yaitu Dr. Antoni Ludfi Arifin, SE., MM., —dosen, penulis, dan praktisi bisnis— dalam paparannnya, beliau menyatakan bahwa pentinya membangun nilai-nilai IKHTIAR, yaitu integrity, Kolaborasi, Humble (kerendahatian), Tacful (kearifan), Inspiring Others (menginspirasi), Agile (lincah), dan Respect (saling menghormati), nilai kebaikan ini yang bisa menjadi bekal mahasiswa memulai berwirausaha.

Dr. Siti Ma’rifah, MH., MM., dalam penyampaian materinya menyatakan, “Kolaborasi adalah jalan terbaik bagaimana kita bisa mendapatkan sumber daya yang tidak dimiliki dengan berbagi dari mitra lain yang memiliki. Sebagai contoh, tidak musti harus memiliki pabrik untuk berusaha, namun bisa melakukan maklon/tool manufacturing ke sumber yang memiliki pabrik.” 

Baca Juga: Askrindo Syariah Berperan dalam Pengembangan SDM untuk Kemajuan Ekonomi Syariah di Indonesia

Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa, “Kolaborasi ini bisa juga dilakukan antarmahasiswa yang memiliki potensi yang tidak dimiliki lainnya. Hal ini termasuk kolaborasi antara kampus dan industri, akademisi dan praktisi. Inkubasi bisnis yang dilaksanakan mahasiwa dapat bekerja sama dengan perusahaan, termasuk Askrindo Syariah berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk program pemagangan mahsiswa, dan sebaliknya peningkatan kompetensi karyawan Askrindo Syariah melalui studi lanjut ke perguruan tinggi.”

Dengan adanya kuliah umum tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa yang hadir sehingga memiliki wawasan dan kemauan untuk menjadi Wirausaha Muda.  

Acara kuliah umum ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan desk signing (penandatanganan) secara sirkular MoU antara FEB UNPAD dan pihak Askrindo Syariah terkait program magang, kerjasama perkuliahan dalam pengembangan usaha mikro dan lembaga keuangan mikro syariah, dan kerjasama lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: