Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadapi Musim Haji, Kilang Pertamina Plaju Jamin Produksi Avtur Penuhi Permintaan

Hadapi Musim Haji, Kilang Pertamina Plaju Jamin Produksi Avtur Penuhi Permintaan Kredit Foto: Djati Waluyo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kilang Pertamina Plaju terus memastikan suplai Avtur (Bahan Bakar Aviasi) mampu memenuhi demand (permintaan) yang diperkirakan meningkat menjelang musim Haji 1445 Hijriah. 

Manajemen dan pekerja pun terus berupaya meningkatkan keandalan teknologi kilang yang merupakan unit produksi Avtur, Crude Distillation Unit (CDU), mencapai angka 20-25 Miles/Thousand Barrel (MB) perbulan. Hal itu dilakukan melalui pengaturan kontinuitas suplai crude injeksi dan full mode avtur sejak Juni 2023 lalu.

Baca Juga: Cegah Kerugian, Pertamina Hadirkan Direktorat Manajemen Risiko

Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju, Perliansyah mengatakan pihaknya akan mendukung penuh kesuksesan ibadah haji 2024 dengan optimalisasi produksi dan suplai Avtur. 

“Kilang Pertamina Plaju siap mendukung pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,” ujar Perliansyah. 

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan mengatakan, tahun ini embarkasi Palembang akan memberangkatkan 8.506 jemaah calon haji (JCH).

Rinciannya, 7.295 JCH asal Sumsel dan 1.116 JCH asal Bangka Belitung serta 95 petugas haji kloter. Mereka tergabung dalam 19 kloter, diberangkatkan pada gelombang pertama dan kedua. Adapun kelompok terbang (kloter) pertama haji telah diberangkatkan pada 12 Mei 2024 lalu.

Baca Juga: Sangat Luas, Potensi Pengembangan Energi Berbasis Minyak Sawit

Berdasarkan Data yang terhimpun, permintaan Avtur di Kilang Pertamina Plaju pada bulan April 2024 yakni sebanyak 23,760 barrels, meningkat hingga 189% dari total permintaan produk Avtur pada bulan Maret 2024 yakni sebanyak 12,514 barrels. Untuk menjaga security of supply produk avtur, RU III menargetkan produksi Avtur melampaui dari permintaan yang melonjak.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: