Pertamina Lanjutkan Pelatihan BISINDO Bagi Pekerja Bright Store & Bright Café di Area Unit Bisnis
Sebagai bagian dari Sub Holding PT Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina Retail terus berusaha meningkatkan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan SPBU tak terkecuali bagi penyandang disabilitas. Untuk itu PT Pertamina Retail kembali melanjutkan pelatihan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) untuk pekerja Bright Store dan Bright Café di area unit SPBU.
Rangkaian kegiatan yang sebelum nya di lakukan lingkungan kantor pusat Grha Pertamina, kali ini pelatihan dilanjutkan untuk unit bisnis SPBU yang berlokasi di Community Hub SPBU COCO 31.128.02 MT Haryono-Jakarta pada Kamis (16/05). Dan akan berlanjut di daerah unit bisnis PT Pertamina Retail lainnya yakni area Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya hingga 21 Mei 2024 mendatang.
Menurut Direktur Komersial & Operasi PT Pertamina Retail, Fedy Alberto, pelatihan ini merupakan wujud realisasi dalam menciptakan pelayanan yang inklusif dan ramah bagi pelanggan disabilitas
“Pekerja Bright Store dan Bright Café merupakan ujung tombak pelayanan yang berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. Oleh sebabnya, kami merasa penguasaan bahasa isyarat bisa memberikan nilai lebih bagi pelayanan yang dapat dirasakan oleh pelanggan Tuli sehingga terjadi interaksi yang timbal balik antara pelanggan dengan pekerja Bright Store dan Bright Café,” ujar Fedy.
Materi pelatihan BISINDO melibatkan salah satu Perwira PT Pertamina Patra Niaga, Bambang Ramadan serta pengajar bahasa isyarat dari Pusat Bahasa Isyarat Indonesia (PUSBISINDO).
Salah satu pemateri PUSBISINDO, Iwan Satryawan, yang telah menjadi pengajar bahasa isyarat selama hampir 20 tahun mengaku senang dapat berbagi pengetahuan baru kepada para pekerja Bright Store & Bright Café. “Saya merasa terhibur saat mengajarkan bahasa isyarat kepada teman-teman Bright Store & Bright Café, karena mereka terlihat antusias untuk pertama kali belajar bahasa isyarat. Harapan saya semoga pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan dasar sehingga jika di kemudian hari ada pelanggan Tuli, mereka tidak lagi berbicara dengan bahasa lisan,” jelas Iwan.
Ainaya, salah satu peserta pelatihan yang berasal dari Bright Store Plumpang, mengungkapkan rasa terima kasih kepada PT Pertamina Retail yang telah menyelenggarakan pelatihan BISINDO. “Kelas bahasa isyaratnya sangat keren, kami diajari pengetahuan dasar tentang bagaimana melayani pelanggan Tuli. Ke depan jika saya berkesempatan melayani pelanggan Tuli, harapannya saya bisa melayani dengan baik menggunakan bahasa isyarat,” tutup Ainaya
PT Pertamina Retail terus berupaya mencapai rencana jangka panjang yang bertujuan untuk menjadi perusahaan ritel energi nasional kelas dunia melalui semangat Satukan Energi Melayani Negeri, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menyatukan energi untuk keberlanjutan negeri.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi
Tag Terkait:
Advertisement