Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Antam dan PSDMBP Teken Perpanjangan Kerja Sama Soal Penyelidikan Mineral Logam

Antam dan PSDMBP Teken Perpanjangan Kerja Sama Soal Penyelidikan Mineral Logam Kredit Foto: Pexels/Sora Shimazaki
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi Kementerian ESDM mengumumkan perpanjangan kerja sama dengan PT Antam Tbk, khususnya unit Geomin. Penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Penyelidikan Potensi Sumber Daya Mineral Logam ini merupakan amandemen sekaligus perpanjangan Perjanjian Kerja Sama sebelumnya. 

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala PSDMBP Agung Pribadi dan General Manager Unit Geomin Abdul Bari, disaksikan oleh Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dan Direktur Pengembangan Usaha PT Antam Tbk I Dewa Wirantaya.

Baca Juga: Dipenuhi Optimisme, Pegadaian Jabar Targetkan Penjualan Logam Mulia 300 Kg

Kepala Badan Geologi dalam sambutannya menyatakan, "Sebagaimana hasil kegiatan kerja sama yang diperoleh periode lalu, kami berharap kerja sama kali ini akan dapat memberikan daerah prospek mineral logam yang baru, sehingga pada gilirannya nanti dapat menambah sumber daya/cadangan mineral logam khususnya emas, nikel, bauksit maupun komoditas logam lainnya."

Penandantangan perjanjian kerja sama ini juga untuk merespon regulasi terkait penugasan penyelidikan mineral logam oleh PPSDMBP maka pada perjanjian tersebut disiapkan target lokasi sebagai wilayah izin usaha pertambangan (WIUP).

"Isu krusial ESDM-BUMN, terkait ketahanan sumber daya dan ketahanan cadangan, serta merespon regulasi terkait penugasan penyelidikan dan penelitian mineral logam, pada PKS kali ini telah disiapkan beberapa target lokasi sebagai bagian dari penyiapan WIUP dari sisi data dan informasi geologinya," tutur Wafid.

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun pada 17 Mei 2024, Dijual Berapa?

Bagi PSDMBP sendiri, sesuai tupoksi, PKS ini merupakan wujud peran PSDMBP untuk ikut membantu BUMN dalam pencarian sumber komoditas logam baru khususnya emas, nikel dan bauksit serta tembaga dimana cadangan Au di IUP PT. Antam sudah semakin berkurang.

"Kegiatan ini juga tidak terlepas dari tujuan untuk mewujudkan nilai tambah bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang profesional, dalam mendukung pelayanan PSDMBP dan PT. Antam kepada masyarakat," pungkas Wafid.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Advertisement

Bagikan Artikel: