Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekspansi Manufaktur, Modena Komitmen Tingkatkan TKDN

Ekspansi Manufaktur, Modena Komitmen Tingkatkan TKDN Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Melalui program peningkatan pemakaian produksi dalam negeri, Pemerintah selain berupaya mendorong masyarakat agar lebih mencintai dan menggunakan produk dalam negeri juga mendorong para pelaku industri untuk meningkatkan investasinya di Indonesia.

Salah satu anak usaha MODENA Group, PT. MODENA Forma Indonesia yang berdiri sejak 2017 terus menunjukan komitmennya mendukung program pemerintah tersebut dengan berinvestasi lebih lanjut dengan membangun lini produksi tambahan untuk lebih beragam produk-produknya, dimulai dari produk kompor dan Water Dispenser yang sudah dimulai sejak tahun lalu, kini bertambah ke produk-produk peralatan rumah tangga lainnya. 

“Komitmen MODENA dalam pengembangan industri dalam negeri dapat terlihat melalui keberhasilan  kami mengembangkan lini produksi baru untuk produk-produk Refrigerator, Chest Freezer, Washing Machine, dan Kitchen Sink,” ujar Harry Afryandi, Vice President Operation MODENA, dalam keterangan media, Senin (20/5/2024). 

Pengembangan yang difokuskan oleh MODENA bukan hanya pada keberhasilan dalam melakukan produksi di dalam negeri, MODENA juga berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan kandungan lokal dalam setiap barang yang diproduksi. Dimana hal ini sejalan dengan arah kebijakan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan penggunaan sumber daya nasional yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebagai bagian dari upaya menekan impor. 

“Terkait sertifikasi produk-produk MODENA, upaya yang sudah kami jalankan adalah dengan melakukan self-assessment nilai TKDN dari berbagai produk-produk kami, agar produk-produk tersebut dapat selanjutnya menjadi kebanggaan sebagai produk buatan dalam negeri” tambah Harry.

Lebih lanjut, untuk menunjang upaya-upaya di pengembangan industri yang berdaya saing tentunya harus ditopang oleh tenaga-tenaga terampil dan unggul. Untuk itu, MODENA secara konsisten menerapkan berbagai metode dan pola pelatihan yang bertujuan memberikan pembekalan dalam bentuk program peningkatan keterampilan (up-skilling) serta pembaruan keterampilan (re-skilling) di semua lini organisasinya.

Selain dari pada itu, dalam setiap langkah yang diambil MODENA terhadap pengembangan industri nasional, aspek “KEBERLANJUTAN” bukan sekadar nilai korporat, melainkan juga prinsip yang dijalankan dalam setiap aspek bisnisnya. Hal ini mencakup bagaimana MODENA selalu berinovasi agar produk-produk yang dihasilkan hemat energi dan ramah lingkungan. 

“MODENA berharap dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pengembangan industri, menciptakan banyak lapangan kerja, dan serta penggunaan sumber daya lokal. Kami percaya bahwa keberhasilan pengembangan lini produk di dalam negeri akan menjadi tonggak mewujudkan visi kami untuk menjadi mitra pemerintah dalam membangun industri dalam negeri yang tangguh dan berdaya saing dengan tetap mengedepankan nilai-nilai keberlanjutan dalam setiap langkah bisnisnya,” tutup Harry.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: