Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IKN Bakal Jadi Tontonan Dunia, Siapkah Indonesia?

IKN Bakal Jadi Tontonan Dunia, Siapkah Indonesia? Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Eddy Soeparno, mengungkapkan bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi semacam perwakilan atau tontonan bagi untuk dunia. Ia memimpikan bahwa kota tersebut akan menjadi contoh kota yang menggunakan energi baru terbarukan dan ramah lingkungan.

“Jika IKN menjadi salah satu contoh yang kita tunjukkan, karena akan sepenuhnya menggunakan energi terbarukan. Bahkan di sana, rencananya kendaraan yang digunakan akan berbasis listrik,” ujar Eddy, dilansir Selasa (28/5).

Baca Juga: Kementerian PUPR Jalankan Pilot Project Pembangunan Smart City IKN dengan Finlandia

Menurutnya, IKN akan menjadi zona nol emisi. Oleh karena itu, Eddy optimistis bahwa bangsa Indonesia akan bangga ketika IKN beroperasi sepenuhnya.

IKN juga dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam pengembangan kota hijau, modal hijau, sebagaimana yang akan diwujudkan oleh IKN.

Dalam kesempatan tersebut, Ia menjelaskan bahwa saat ini bauran energi terbarukan di Indonesia hanya sekitar 13 persen secara keseluruhan. Hal ini harus ditingkatkan dengan serius.

“Kita harus mengejar ketertinggalan ini dengan serius. Kita harus segera mengembangkan sektor energi terbarukan kita. Saat ini, energi terbarukan yang ada meliputi geotermal, solar, angin, serta energi baru seperti hidrogen dan amonia," jelasnya.

Baca Juga: KPPU Ungkap Biang Kerok Dibalik Naiknya Harga Bawang Putih

Eddy mengakui bahwa untuk meningkatkan bauran energi terbarukan memerlukan pendanaan yang cukup besar. Oleh karena itu, Indonesia harus proaktif dalam mencari pihak-pihak yang dapat menyediakan pendanaan untuk hal ini. Selain itu, diperlukan akses terhadap teknologi terbaik untuk mengembangkan sektor tersebut.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: