Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Allianz Syariah Bukukan Premi Bruto Rp1,6 Triliun, Tumbuh 20% Sepanjang Tahun 2023

Allianz Syariah Bukukan Premi Bruto Rp1,6 Triliun, Tumbuh 20% Sepanjang Tahun 2023 Kredit Foto: Wafiyyah Amalyris
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) mencatat pertumbuhan kontribusi premi bruto sebesar 20% sepanjang tahun 2023 menjadi Rp1,6 triliun.

Di sisi lain, Allianz Syariah juga mencatat pertumbuhan Annualized Premium Equivalent (APE) sebesar 28,3 persen menjadi Rp870 miliar. Allianz Syariah juga membukukan Total Asset senilai Rp3,6 triliun dan ekuitas senilai Rp958 miliar.

Allianz Syariah juga membukukan pembayaran santunan dan manfaat asuransi kepada para peserta sebesar Rp959 miliar atau meningkat 21% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara Risk Based Capital (RBC) Allianz Syariah tercatat sebesar 2.178% untuk Dana Perusahaan dan 378% untuk Dana Tabarru’.

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana menuturkan, keberadaan entites Allianz Syariah Indonesia merupakan komitmen kuat dalam membangun ekosistem investasi dan sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya dalam perkembangan industri keuangan syariah.

Kinerja positif Allianz Syariah, kata Permana, tak terlepas dari kepercayaan para nasabah. Dia mengaku akan terus mempertahankan kinerja positifnya dalam memberikan proteksi kelas dunia dengan terus mengedepankan prinsip syariah.

Baca Juga: Allianz Syariah Luncurkan Produk Asuransi untuk Generasi Muda Siapkan Warisan Sejak Dini

Kami percaya bahwa strategi yang kami lakukan ini akan berbanding lurus dengan kinerja perusahaan yang optimal. Dengan demikian, kami juga terus berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di tanah air,” kata Permana dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/5/2024).

Sementara itu, Allianz Syariah dan Allianz Life Indonesia membukukan total pendapatan premi dan kontribusi atau Gross Written Premium (GWP) gabungan sebesar Rp16,2 triliun atau bertumbuh 7,3% (year-on-year/yoy) dibandingkan tahun sebelumnya.

Kinerja positif itu didukung pertumbuhan bisnis dari berbagai kanal distribusi, terutama kanal keagenan dengan kontribusi 55% dan kanal bancassurance dengan kontribusi 42%.

Dari sisi penjualan premi baru atau Annualized Premium Equivalent (APE) gabungan, Allianz Life dan Allianz Syariah membukukan Rp4,2 triliun, meningkat sebesar 11,5% yoy. Sedangkan dari sisi market share, tumbuh 1,4% menjadi sebesar 11,2%.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: