Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Netizen Bijak Bagikan Konten Budaya Lokal Dibandingkan Informasi Negatif

Netizen Bijak Bagikan Konten Budaya Lokal Dibandingkan Informasi Negatif Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Tulungagung -

Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) menyelenggarakan webinar #MakinCakapDigital2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur bertemakan “Menjadi Netizen yang Bijak Dalam Bermedia Sosial” pada Senin (27/5/2024).

Survei dari We Are Social dan Kepios 2022 menyebutkan, pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya, kini bahkan mencapai 204 juta pengguna atau sudah digunakan oleh 73,7 persen penduduk Indonesia.

Sejumlah 80,1 persen penduduk Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi dan dapat menghabiskan waktu 8 jam 36 menit dalam satu hari menggunakan internet.

Indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di angka 3,65 dari skala 1-5. Angka ini berada di tingkat sedang, sekaligus menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 3,54.

Peningkatan literasi digital secara merata semakin urgen, sehingga masyarakat lebih beradab ketika berinteraksi di media sosial. Direktur PT. Cipta Manusia Indonesia, Founder Kaizen Montessori, Ismita Saputri mengatakan, setiap individu dapat menciptakan ruang digital yang etis dan aman jika menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari.

Sebagai netizen bijak, setiap individu dapat mulai memperkenalkan daerahnya melalui media sosial. Buat konten-konten yang menunjukan budaya lokal dan daya tarik daerah, sehingga memikat masyarakat luas untuk berkunjung.

Baca Juga: Erick Thohir Tegaskan Pentingnya Transformasi Digital Nasional melalui Govtech Indonesia

“Ketimbang membagikan hal negatif yang tidak tahu (kebenarannya) sehingga membahayakan karena UU ITE,” kata Ismita saat menjadi pembicara webinar Makin Cakap Digital 2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Senin (27/5/2024).

Masyarakat harus memahami netizen yang bijak selalu melakukan hal-hal baik di dunia digital. Hanya membagikan berita positif, menghormati orang lain bahkan jika terjadi perbedaan pendapat, verifikasi semua permintaan data pribadi, dan berhati-hati dengan link mencurigakan.

Dalam kesempatan sama, Akademisi Unitomo, CER ACSB East Java, Meithiana Indrasari menambahkan, mencari informasi menjadi salah satu kecakapan digital yang perlu dikuasai sekarang ini. Masyarakat bahkan dapat mempelajarinya secara otodidak.

“Di era sekarang ini, era luapan infomari, kita bisa mencari informasi apapun, baik untuk perangkat keras maupun lunak. Saya belum pernah mencari sesuatu yang tidak ada di media digital, terkati pengetahuan-pengetahuan umum,” ujar Meithiana.

Untuk mencari informasi, masyarakat dapat memanfaatkan mesin pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Setiap individu pun diharapkan mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapat, kemudian menggunakannya untuk kebaikan diri sendiri dan bersama.

Presenter, Indy Barends mengatakan, pemahaman etika digital membantu masyarakat terhindar dari kesalahpahaman maupun pertengkaran di ruang digital. Sebab, setiap individu menyadari interaksi di ruang digital dilakukan dengan orang yang memiliki latar belakang beragam.

“Justru karena tidak kenal, kita harus lebih santun supaya memiliki hubungan yang sangat baik,” kata Indy.

Kegiatan Makin Cakap Digital 2024 merupakan rangkaian program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. Program ini bertujuan meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat di Indonesia.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu Direktur PT. Cipta Manusia Indonesia, Founder Kaizen Montessori, Ismita Saputri, Akademisi Unitomo, CER ACSB East Java, Meithiana Indrasari, dan Presenter, Indy Barends sebagai key opinion leader (KOL).

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan YouTube Literasi Digital Kominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: