Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DPR Apresiasi BAZNAS atas Capaian Pengumpulan dan Penyaluran Zakat 2023

DPR Apresiasi BAZNAS atas Capaian Pengumpulan dan Penyaluran Zakat 2023 Kredit Foto: Baznas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) atas capaian pengumpulan dan penyaluran Zakat Infak Sedekah (ZIS) serta Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) di 2023.

"Komisi VIII DPR RI mengapresiasi realisasi pengumpulan dan penyaluran ZIS-DSKL tahun 2023 berdasarkan data per 27 Februari 2024 dengan rincian pengumpulan ZIS-DSKL nasional sebesar 32.321.191.779.419 rupiah, penyaluran ZIS-DSKL nasional sebesar 31.199.428.031.786 rupiah, pengumpulan ZIS-DSKL BAZNAS Pusat sebesar 881.555.283.618 rupiah, dan penyaluran ZIS-DSKL BAZNAS Pusat sebesar 675.091.571.281 rupiah," ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, H Abdul Wachid, saat membacakan kesimpulan Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VIII DPR RI dan BAZNAS RI mengenai "Pelaksanaan Program Zakat Tahun 1445H/2024 dan Isu-isu Aktual Lainnya" di Gedung DPR, Senin (27/5/2024).

Baca Juga: Distribusikan Air Bersih, Baznas Terus Bantu Korban Banjir Sumbar

Pihaknya juga mendukung upaya lembaga tersebut untuk merealisasikan target pengumpulan ZIS-DSKL sebesar Rp1 triliun pada tahun 2024. Selain itu, Komisi VIII mendorong BAZNAS RI untuk meningkatkan pengelolaan zakat pada tahun 2024, termasuk memaksimalkan potensi zakat dari kementerian/lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan masyarakat melalui peningkatan koordinasi, sinergi, dan kolaborasi dengan BAZNAS Daerah dan Lembaga Amil Zakat (LAZ).

"Komisi VIII DPR RI akan mengupayakan peningkatan anggaran operasional BAZNAS dari APBN yang dialokasikan untuk program pengarusutamaan ZIS-DSKL dan operasional kelembagaan," tambah Abdul Wachid.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., menyampaikan terima kasih kepada Komisi VIII DPR RI yang telah mendukung BAZNAS dalam merealisasikan program-program pengentasan kemiskinan melalui pengumpulan dan penyaluran ZIS-DSKL.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua, Wakil Ketua, dan seluruh anggota Komisi VIII DPR RI yang telah membuat sejarah baru bersama BAZNAS dalam rangka penguatan BAZNAS, khususnya untuk mengentaskan kemiskinan," ucap Kiai Noor.

Baca Juga: Baznas Hadirkan Layanan Dukungan Psikososial untuk Korban Banjir di Sumbar

RDP tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA., Pimpinan BAZNAS RI Bidang Koordinasi Nasional, KH. Achmad Sudrajat, Lc, MA, Sestama BAZNAS RI, Dr. H. Muchlis Muhammad Hanafi, Lc., M.A., serta Deputi II BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Dr. H.M. Imdadun Rahmat, M.Si.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: