Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Elitery-Apeksi Sediakan Solusi Generative AI bagi Pemerintah Kota

Elitery-Apeksi Sediakan Solusi Generative AI bagi Pemerintah Kota Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

ELITERY, penyedia layanan IT managed service terkemuka, mengumumkan kemitraan strategis dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) untuk memperkenalkan teknologi AI generatif (gen AI) kepada seluruh pemerintah kota di Indonesia.

Memanfaatkan status Elitery sebagai Managed Service Provider (MSP) Google Cloud, Elitery menggunakan kemampuan AI generatif Google Cloud untuk memberikan solusi AI yang inovatif guna mendukung penerapan smart city di Indonesia.

Direktur Utama Elitery Kresna Adiprawira menyampaikan kolaborasi ini menandai tonggak penting dalam perjalanan transformasi digital kota-kota di Indonesia.

Elitery akan mengintegrasikan solusi AI generatif dalam kerangka kerja tata kelola kota untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan pengelolaan sumber daya, serta meningkatkan layanan warga guna mendorong kota menuju tata kelola lebih efektif dan responsif.

"Bekerja sama dengan Apeksi guna memperkenalkan teknologi AI generatif mutakhir bagi pemerintah kota di Indonesia merupakan langkah strategis Elitery untuk mendukung perkembangan smart city di Indonesia." 

"Dengan solusi AI generatif yang kami miliki, serta didukung kemampuan AI generatif dari Google Cloud, kami siap membekali pemerintah kota dengan solusi inovatif guna mengatasi tantangan perkotaan yang kompleks dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan," ujar Kresna.

Solusi AI generatif Elitery dan Google Cloud memungkinkan pemerintah kota untuk memproses dan menganalisis kumpulan data yang luas, menghasilkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti, dan menerapkan strategi berbasis data yang meningkatkan perencanaan kota, pengelolaan infrastruktur, dan keselamatan publik.

"Solusi berbasis AI ini tidak hanya akan meningkatkan efisiensi sistem pemerintahan, tetapi juga meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan," pungkas Kresna.

Country Director Google Cloud Indonesia Fanly Tanto menjelaskan Google Cloud bangga dapat bermitra dengan Elitery untuk menghadirkan solusi AI generatif mutakhir kepada pemerintah kota di seluruh Indonesia dan memainkan peran kunci dalam memajukan Visi Indonesia Digital 2045.

"Dengan meningkatkan jangkauan dan dampak kemampuan AI generatif kami yang dipadukan dengan keahlian Elitery dalam layanan IT managed services, kami dapat memberdayakan kota untuk memanfaatkan potensi penuh AI dan meningkatkan layanan bagi masyarakat Indonesia di seluruh negeri," ujar Fanly.

Dedikasi Elitery dalam menyediakan layanan transformasi digital bagi pemerintah didukung penerimaan penghargaan bergengsi dari Google Cloud kepada Elitery sebagai Google Cloud Public Sector Partner of the Year selama dua tahun berturut-turut (2023 & 2024) sehingga menegaskan posisi Elitery sebagai mitra terpercaya untuk organisasi pemerintah.

Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam menambahkan kolaborasi ini sebagai langkah maju yang signifikan dalam misi Apeksi mengembangkan kota lebih cerdas dan layak huni di seluruh Indonesia.

"Melalui kemitraan dengan Elitery dan memanfaatkan teknologi AI generatif, kami menyediakan pemerintah kota dengan alat penting untuk mendorong inovasi, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan pelayanan publik."

"Seiring dengan fokus Indonesia pada transformasi digital dan pembangunan smart city, kolaborasi Elitery dan Apeksi ini jadi bukti nyata komitmen dalam memanfaatkan teknologi mutakhir untuk menciptakan lingkungan perkotaan berkelanjutan dan maju," pungkas Alwis. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: