Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Keunggulan Sistem Paperless: Transformasi Digital untuk Kemajuan Bisnis di Indonesia

Keunggulan Sistem Paperless: Transformasi Digital untuk Kemajuan Bisnis di Indonesia Kredit Foto: HashMicro
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Hashmicro Solusi Indonesia buka suara terkait dengan keunggulan sistem paperless dalam industri di Indonesia. Ia mengatakan,  adopsi sistem paperless memiliki peluang tiga kali lebih besar untuk berkembang dibandingkan dengan perusahaan yang masih menggunakan sistem manual.

Business Development Director Hashmicro, Lusiana Lu,mengatakan bahwa adopsi sistem paperless merupakan tren yang berkembang di berbagai industri dan patut dipertimbangkan oleh perusahaan yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya.

Baca Juga: Bagun Persepsi Positif dengan Menjaga Jejak Digital dengan Baik

“Transformasi digital membuka gerbang bagi perusahaan untuk memasuki pasar baru dan menjangkau pelanggan yang lebih luas. Dengan solusi paperless, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya, sehingga dapat fokus pada pengembangan produk dan layanan baru yang inovatif,” jelas Lusiana Lu, dilansir Kamis (30/5).

Keuntungan dari bisnis yang menggunakan sistem paperless meliputi peningkatan produktivitas, penghematan biaya operasional, peningkatan keamanan data, dan kolaborasi yang lebih efektif. Perusahaan yang menggunakan sistem paperless akan lebih mudah mengikuti tren dan perkembangan terbaru di dunia digital, serta memanfaatkan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi.

Manfaat lain dari penerapan solusi paperless adalah perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya, sehingga dapat fokus pada pengembangan produk dan layanan baru yang inovatif. Dengan mengurangi ketergantungan pada dokumen fisik, proses kerja menjadi lebih cepat dan lebih mudah diakses. Data dapat diintegrasikan dan dikelola dengan lebih baik, sehingga mengurangi risiko kesalahan dan keterlambatan dalam bekerja.

Adopsi sistem paperless juga berkontribusi pada peningkatan kepuasan pelanggan karena perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat dan akurat. Informasi pelanggan dapat ditemukan dan diproses dengan efisien secara digital, sehingga pelanggan dapat menerima layanan yang lebih responsif, yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas dan reputasi perusahaan.

Penghematan biaya juga menjadi salah satu keunggulan utama dari solusi paperless. Biaya yang biasanya dikeluarkan untuk pembelian kertas, pencetakan, penyimpanan, dan distribusi dokumen fisik dapat dikurangi secara signifikan dengan digitalisasi perusahaan. Perusahaan yang mengadopsi teknologi digital dapat mengalokasikan sumber daya ini untuk inisiatif lain yang lebih strategis.

Untuk mengadopsi prinsip paperless, perusahaan dapat memulai dengan berinvestasi dalam teknologi yang mendukung transformasi ini, seperti electronic document management system (EDMS) dan platform kolaborasi daring.

Baca Juga: Percepat Digitalisasi di Indonesia, Kadin dan Thales Gelar Innovation Day

Namun, untuk mencapai transformasi digital yang optimal, diperlukan sistem yang dapat saling terhubung dan terintegrasi di seluruh bagian perusahaan. Hashmicro menyediakan solusi lengkap yang memungkinkan integrasi berbagai sistem bisnis, sehingga perusahaan dapat merasakan manfaat penuh dari digitalisasi dan memastikan semua departemen bekerja secara sinergis.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: