Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gelar Mudik Lebaran, Ini Daftar Peraih Top CSR of the Year dan Top Consumer Loyalty Program 2024

Gelar Mudik Lebaran, Ini Daftar Peraih Top CSR of the Year dan Top Consumer Loyalty Program 2024 Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setiap tahun, tradisi mudik Lebaran menjadi momen yang sangat dinanti-nanti bagi jutaan orang di Indonesia.

Momen ini tidak hanya menjadi waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat, tetapi juga merupakan kesempatan bagi perusahaan dan merek untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap masyarakat dan konsumen melalui program CSR dan program kesetiaan konsumen yang kreatif.

Mudik Lebaran, sebuah tradisi yang telah tertanam dalam budaya Indonesia selama bertahun-tahun, membawa bersamanya suasana kebersamaan, kehangatan, dan juga tantangan.

Bagi banyak orang, mudik adalah waktu untuk kembali ke kampung halaman, bersilaturahmi dengan keluarga, dan merayakan Idul Fitri bersama.

Namun, bagi beberapa orang, khususnya yang tinggal jauh dari kampung halaman, mudik bisa menjadi perjalanan yang melelahkan dan mahal.

“Di tengah tradisi ini, banyak merek dan perusahaan yang melakukan inisiatif sosial untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dan memperkuat hubungan dengan konsumen mereka. Salah satu cara yang banyak digunakan adalah melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) yang terkait dengan mudik Lebaran,” kata Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID.

Program CSR selama musim mudik sering kali berfokus pada memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti pemberian paket sembako, pengaturan transportasi mudik gratis, atau penyediaan posko pengamanan dan pelayanan kesehatan di jalur mudik.

Dengan cara ini, merek dan perusahaan tidak hanya memberikan bantuan nyata kepada masyarakat, tetapi juga memperkuat citra mereka sebagai entitas yang peduli dan bertanggung jawab sosial.

Tidak hanya itu, momen mudik Lebaran juga dimanfaatkan oleh banyak merek untuk meluncurkan program kesetiaan konsumen yang kreatif.

Program-program ini sering kali menawarkan insentif atau hadiah kepada konsumen yang memilih merek tersebut selama musim mudik, seperti diskon khusus untuk pembelian tiket transportasi, penawaran khusus untuk produk-produk mudik, atau kesempatan untuk memenangkan hadiah-hadiah menarik melalui program loyalitas.

Dengan melibatkan konsumen dalam program-program ini, merek dan perusahaan tidak hanya meningkatkan penjualan mereka selama musim mudik, tetapi juga memperkuat hubungan dengan konsumen dan membangun loyalitas jangka panjang.

Para konsumen merasa dihargai dan didukung oleh merek yang mereka pilih, sehingga lebih cenderung untuk tetap setia dan loyal pada merek tersebut di masa yang akan datang.

Melalui program CSR dan program kesetiaan konsumen selama musim mudik, brand dan perusahaan tidak hanya menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan konsumen, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perusahaan.

“Oleh karena itu, INFOBRAND.ID Bersama TRAS N CO Indonesia menginisiasi penghargaan "Top CSR of the Year 2024: Special Achievement for Social Initiative 'Mudik Lebaran'" dan "Top Consumer Loyalty Program 2024: Special Achievement for 'Mudik Lebaran" sebagai apresiasi atas komitmen Perusahaan dan brand dalam memperkuat ikatan sosial dan ekonomi selama momen yang berharga ini,” ujarnya lagi.

Kedua penghargaan ini bertujuan untuk menghargai komitmen dan kontribusi perusahaan dalam memberikan manfaat nyata kepada karyawan, masyarakat, dan konsumen, serta untuk mendorong praktik-praktik tanggung jawab sosial perusahaan yang berkelanjutan dan program kesetiaan konsumen yang inovatif.

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia sekaligus Chairman Indonesia Brand Community (IBC) menyatakan, para penerima penghargaan ini dipilih melalui riset yang cermat menggunakan metode Desk Research yang mengacu pada data publikasi di media online, sosial media dan website resmi perusahaan. 

“Riset untuk Top CSR of the Year 2024: Special Achievement for Social Initiative 'Mudik Lebaran’ berfokus pada tiga parameter penilaian: CSR Concept Aspect, CSR Impact Aspect, dan CSR Branding Aspect,” jelas Tri Raharjo. 

Sementara itu, lanjutnya, riset untuk Top Consumer Loyalty Program 2024: Special Achievement for 'Mudik Lebaran’ menggunakan tiga parameter penilaian yang sama: Consumer Loyalty Concept Aspect, Consumer Loyalty Impact Aspect, dan Consumer Loyalty Branding Aspect.

“Penghargaan ini tidak hanya menjadi pengakuan atas pencapaian luar biasa para penerima, tetapi juga sebagai dorongan untuk terus berinovasi dan berkontribusi positif dalam menjawab tantangan-tantangan sosial dan meningkatkan hubungan dengan konsumen,” tandasnya.

Pada penyelenggaraan Top CSR of the Year 2024: Special Achievement for Social Initiative 'Mudik Lebaran’ dan Top Consumer Loyalty Program 2024: Special Achievement for 'Mudik Lebaran’ kali ini diterima oleh PT KOSMETIKA CANTIK INDONESIA, PT IPC TERMINAL PETIKEMAS, PT ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO), INDONESIA FINANCIAL GROUP, PT BRANTAS ABIPRAYA, PT ASURANSI BRI LIFE dan lain sebagainya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: