Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

AMD Perluas Portfolio Prosesor EPYC & AMD Ryzen AI Mobile

AMD Perluas Portfolio Prosesor EPYC & AMD Ryzen AI Mobile Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penerapan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) memberikan banyak manfaat di berbagai bidang. Studi dari survei baru para pemimpin TI global menemukan bahwa tiga dari empat pemimpin TI optimis tentang potensi manfaat AI. Mulai dari peningkatan efisiensi karyawan hingga solusi keamanan siber otomatis dan lebih dari dua meningkatkan investasi dalam teknologi AI. 

Kehadiran teknologi AI sendiri digadang-gadang memberikan peluang positif bagi organisasi untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman. Melihat potensi AI yang sangat besar dan beragam khususnya di Indonesia, juga disebut memberikan peluang bagi pembangunan berkelanjutan, pengaruh sosial, dan tentunya ekspansi ekonomi yang dapat meningkatkan taraf hidup dengan memanfaatkan teknologi AI secara optimal.

Namun, sisi lain dari penerapan AI adalah ketidakpastian tentang waktu yang tepat untuk dapat mengadopsi AI karena kurangnya peta jalan implementasi dan kesiapan keseluruhan dari beragam hardware dan teknologi yang ada. 

Baca Juga: GNI dan SEI Dorong Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan

Terkait dengan AI, AMD mengumumkan jajaran prosesor AMD Ryzen AI mobile baru di Indonesia. Chip tersebut juga hadir untuk desktop untuk segmen enterprise dan consumer. Mulai dari content creator, desainer, gamer, bahkan pelajar sekalipun, yang memberikan produktivitas lebih optimal dengan pengalaman teknologi AI canggih serta konektivitas premium. 

Managing Director, Sales, APAC, AMD Peter Chambers, meyakini AI akan mendefinisikan era komputasi berikutnya. Sehingga, potensi sepenuhnya hanya dapat diwujudkan ketika teknologi tersebut tersebar luas mencakup cloud, edge, dan end point. 

“Portofolio AI dan mesin komputasi umum kami yang bertenaga dan komprehensif untuk data center dan perangkat pengguna merupakan sebuah bukti dimana kami terus berusaha memenuhi kebutuhan para mitra dan pelanggan kami,” ucap dia di Jakarta, Selasa (11/6).

Adapun yang diluncurkan adalah AMD Ryzen PRO 8040 Series baru adalah prosesor x86 tercanggih yang dibuat untuk laptop bisnis dan workstation mobile. AMD juga menampilkan prosesor desktop AMD Ryzen PRO 8000 Series, prosesor desktop berkemampuan AI pertama untuk pengguna bisnis, yang dirancang untuk menghadirkan kinerja mutakhir dengan konsumsi daya rendah. 

Baca Juga: Atourin Launching Platform Berbasis Teknologi Atourin Regenerative Tourism Initiative

Adapula Prosesor AMD EPYC 4004 Series yang melengkapi portofolio CPU server AMD EPYC. Prosesor ini telah ada dengan penawaran baru biaya optimal dengan fitur kelas enterprise dan kinerja terdepan untuk usaha kecil dan menengah serta penyedia layanan hosting IT. 

Untuk menjangkau segmen consumer, AMD menghadirkan AMD RyzenTM 8040 Series dengan dukungan AI- ready dan fitur-fitur baru lainnya untuk pembuatan konten, bermain game tanpa hambatan dan produktivitas harian dengan kinerja mumpuni.

Fitur AMD Ryzen AI yang dibenamkan pada model-model prosesor tertentu menjadikan AMD semakin terdepan dalam kepemimpinan AI PC-nya. Dengan memanfaatkan CPU, GPU, dan unit pemrosesan saraf (NPU) on-chip khusus, prosesor baru bertenaga AI Ryzen menghadirkan kekuatan pemrosesan AI khusus yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, dengan hingga 16 NPU TOPS (Triliun Operasi Per Detik) khusus dan hingga 39 total sistem TOPS. 

PC komersial yang dilengkapi dengan prosesor baru berkemampuan AI Ryzen digadang akan membantu pengalaman pengguna, menawarkan kinerja generasi berikutnya untuk kolaborasi yang didukung AI, pembuatan konten, serta beban kerja data dan analitik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Belinda Safitri

Advertisement

Bagikan Artikel: