Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

UAJY Punya Jurusan Teknik Industri Terbaik Terakreditasi Unggul dan Terakreditasi Internasional

UAJY Punya Jurusan Teknik Industri Terbaik Terakreditasi Unggul dan Terakreditasi Internasional Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sektor industri memegang peranan penting dalam membantu suatu bangsa untuk keluar dari middle income trapped. Karena selain menciptakan lapangan kerja baru, adanya industri dapat menghasilkan produk atau jasa yang dapat digunakan baik untuk pasar domestik maupun luar negeri. Produk atau jasa yang dihasilkan berkontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDP) yang pada akhirnya menjadi tolok ukur kemakmuran suatu bangsa. 

Kerena pentingnya sektor industri, maka industri perlu didukung dengan sumber daya manusia yang handal, salah satunya adalah sumber daya manusia dalam bidang Rekayasa (Teknik). Pembangunan industri membutuhkan sumber daya manusia handal yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan industri yang semakin maju. 

Ririn Diar Astanti, Guru Besar Teknik Industri, Departemen Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengatakan bahwa berdasarkan data dari sumber worldatlas.com, dapat diketahui bahwa saat ini prosentase lulusan Sarjana Teknik di Indonesia adalah 0.05% dibandingkan seluruh populasi penduduk Indonesia di mana angka ini jauh lebih kecil dibanding negara-negara ASEAN dan Asia lainnya seperti Vietnam (0.10%), Jepang (0.13%) dan Korea Selatan (0.29%). Oleh karena itu, Ririn menghimbau agar para lulusan sekolah menengah atas (SMA) dapat mempertimbangkan untuk mengambil jurusan teknik di perguruan tinggi. 

Salah satu jurusan teknik yang dibutuhkan dalam pengelolaan industri adalah teknik industri. Untuk menghasilkan sumber daya handal dalam bidang teknik industri diperlukan penyelenggara pendidikan tinggi teknik industri yang andal dan berkualitas serta dilengkapi dengan fasilitas laboratorium modern.

Jurusan Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) sebagai salah satu jurusan teknik industri terbaik terakreditasi unggul saat ini dilengkapi dengan 8 laboratorium modern meliputi laboratorium teknologi manufaktur, laboratorium dasar rekayasa, laboratorium sistem kerja dan ergonomi, laboratorium sistem produksi, laboratorium ritel, laboratorium pemodelan dan optimasi, laboratorium sistem bisnis dan keputusan, serta laboratorium otomasi. Laboratorium tersebut mendukung jurusan Teknik Industri UAJY menjadi jurusan teknik industri terbaik yang mendukung perkembangan industri 4.0.

Baca Juga: Orang Tua Indonesia Dukung Pendidikan Vokasi, Keberhasilan Merdeka Belajar

Sebagai jurusan teknik industri terbaik, saat ini Program Studi Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta mendapatkan akreditasi Unggul dari LAM Teknik, akreditasi internasional dari Indonesian Accreditation Board of Engineering Education (IABEE) dan akreditasi internasional dari Data Science Council of America (DASCA). 

Ririn menerangkan definisi teknik industri menurut Institute of Industrial and System Engineering (IISE) adalah suatu keilmuan yang berfokus pada perancangan, perbaikan dan instalasi dari suatu sistem yang terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, informasi, material, dan energi. Keilmuanteknikindustri dibentuk dari pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu matematika, ilmu fisika dan ilmu sosial serta prinsip dan metode perancangan teknik, untuk mendapatkan, memprediksi dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sistem tersebut. Orang awam menyebut sistem yang menjadi objek kajian teknik industri sebagai perusahaan.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa keilmuan teknik industri tepat untuk menjawab tantangan kebutuhan industri saat ini dan mendukung pengembangan industri dan menjadikan lulusan Jurusan Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta dapat fleksibel menentukan pilihan kariernya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkait