Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gelar Safari Kesehatan, ERHA Berikan Layanan Kesehatan Umum dan Operasi Katarak Gratis

Gelar Safari Kesehatan, ERHA Berikan Layanan Kesehatan Umum dan Operasi Katarak Gratis Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Untuk Mendukung program GERMAS (Program Gerakan Masyarakat Sehat) dari Kementerian Kesehatan dan sekaligus merayakan HUT ke 236 Kota Denpasar, ERHA Ultimate bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Denpasar hadir dalam kegitan Safari Kesehatan di Banjar Dajan Tangluk, Kota Denpasar (12/6).

Dalam kegiatan ini Erha Ultimate memberikan pelayanan kesehatan umum gratis kepada masyarakat Kota Denpasar, mulai dari layanan Konsultasi Dokter, pemeriksaan kolesterol total, pemeriksaan gula darah sewaktu dan pemeriksaan asam urat. Pelayanan kesehatan ini juga menyasar khususnya pada masyarakat kelompok rentan seperti lansia, ibu dan anak.

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara yang hadir diacara tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Kota Denpasar, berupaya untuk terus melayani masyarakat, khususnya dalam mempermudah akses kesehatan salah satunya melalui program Safari Kesehatan.

“Kegiatan hari ini bukan hanya pemeriksaan kesehatan rutin saja, tapi juga ada pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis oleh John Fawcett Foundation, Pelayanan Fisioterapi dari RSUD Wangaya Kota Denpasar, pelayanan kesehatan umum dari UPTD Puskesmas II Kecamatan Denpasar Timur, Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut dari FKG Universitas Mahasaraswati Denpasar, Pemeriksaan Kolesterol, Asam Urat, Gula dan Konsultasi Dokter Gratis dari ERHA Ultimate Denpasar dan Deteksi Dini Balita dan THT dari Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali serta Pameran Produk Pencegahan Stunting dari Poltekkes Kemenkes Denpasar. Dengan banyaknya pelayanan kesehatan yang dilakukan, kami harap masyarakat akan  terbantu kualitas kesehatannya,” ujar I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Senada dengan Walikota Denpasar, Head of CSR, Corp. Relations, Engagement & Culture Development Arya Noble Group (Induk Usaha ERHA), Oemar Saputra mengatakan kehadairin  ERHA dalam pelayanan kesehatan ini sebagai bentuk kontribusi nyata ERHA untuk masyarakat. “Dimanapun klinik ERHA berdiri, harus ada kontribusi untuk masyarakat setempat. Hari ini, kami juga mengajak ERHA Volunteer yang terdiri dari Dokter, Perawat dan para Pimpinan Cabang untuk terjun langsung melayani masyarakat. Kami yakin, dengan adanya sinergi berbagai pihak mulai dari Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, NGO dan lainnya akan membawa dampak baik dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.”

Tahun 2024 ini, lanjut Oemar, ditargetkan seluruh klinik ERHA dapat terjun langsung ke masayrakat untuk bersama-sama mendukung program promotive dan preventif serta sosialisasi program GERMAS dari Kementerian Kesehatan. 

Menurut Oemar pada saat yang sama  ERHA bersama bersama dengan Kementerian Sosial dan Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh juga sedang melakukan operasi katarak kepada 247 pasien di Barito Kuala, Kalimantan Selatan. “Operasi katarak ini merupakan satu program yang kami inisiasi dari tahun 2016, dan telah berhasil mengoperasi lebih dari 6000 mata di seluruh Indonesia. Ini  merupakan salah satu bentuk kontribusi konkrit dari ERHA untuk membantu program pemerintah dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia,” ujarnya.

Selama tahun 2024 ini ERHA bersama dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia yang didukung oleh Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh telah melakukan tiga kali operasi katarak yakni di Parigi Moutong, Sulawesi sebanyak 228 Pasien, Waingapu, Sumba Timur sebanyak 187 pasien, dan di Barito Kuala, Kalimantan Selatan sebanyak 247 pasien. 

Selain itu pada bulan Ramadhan tahun 2024 lalu, ERHA bersama dengan Klinik Mata Saruni yang membawa campaign leave your cataract juga telah melakukan operasi kepada 40 pasien katarak di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. 702 masyarakat Indonesia telah terbantu melihat kembali dengan adanya operasi katarak ini. ERHA sendiri menargetkan tiap tahunnya dapat mengoperasi sebanyak 2000 mata di seluruh Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: