Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bidik Transaksi hingga hingga Rp15 Miliar, KKJ dan PKJB Siap Gelorakan UMKM Jabar

Bidik Transaksi hingga hingga Rp15 Miliar, KKJ dan PKJB Siap Gelorakan UMKM Jabar Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2024 akan melibatkan 100 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) premium yang membuat produk berdaya saing dan siap dipasarkan.

Acara yang digelar Pemerintah Provinsi Jabar dan Bank Indonesia (BI) Jabar ini sebagai bentuk dukungan Bank Indonesia untuk mendorong akses pasar bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Jawa Barat (Jabar).

Baca Juga: Parcelinpack Tingkatkan Daya Saing UMKM dengan Solusi Packaging Kreatif dan Berkualitas

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Muhamad Nur mengatakan pelaksanaan opening ceremony KKJ dan PKJB 2024, akan digelar pada Jumat (28/6/2024) di Trans Convention Center. 

Pada acara opening ceremony nanti, rencananya akan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Perdagangan, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman, Ketua Dekranasda Nasional, Wury Maruf Amin, dan Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin. 

Sedangkan untuk soft opening KKJ dan PKJB tahun 2024 ini, akan digelar di Kawasan Braga Bebas Kendaraan pada Hari Sabtu dan Minggu (22-23/6/2024). 

"Pada acara soft opening nanti, kita akan menampilkan puluhan UMKM unggulan Jawa Barat. KKJ dan PKJB ini, merupakan gelaran yang ke enam kalinya," kata Nur kepada wartawan di Bandung, Rabu (19/6/2024).

Nur menyebutkan pada gelaran KKJ dan PKJB yang ke enam kalinya ini, kami menargetkan bisa mendorong transaksi produk UMKM di Jawa Barat hingga Rp 15 miliar.

Jumlah target transaksi tersebut meningkat pesat dari realisasi gelaran di tahun sebelumnya yang mencapai transaksi Rp2,7 miliar. Maka untuk mencapai target tersebut, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah strategi.

"Salah satunya, pelibatan ratusan UMKM premium yang membuat produk berdaya saing dan siap dipasarkan," ujarnya.

Dia menjelaskan kategori Premium itu, adalah UMKM yang ada di Jabar yang telah dibina oleh Bank Indonesia, Pemprov Jabar dan mitra Bank Indonesia. UMKM premium ini, produknya memang sudah siap bersaing dengan daerah dan negara lain. 

"Jadi premium itu bukan masalah harga karna harga pasti terjangkau,” tegasnya.

Dalam event tersebut para pengunjung tentunya tidak hanya bisa berbelanja secara langsung di lokasi acara, tetapi bisa juga berbelanja melalui plaftorm marketplace.

Baca Juga: PT Asuransi Jasaraharja Putera Meningkatkan Literasi Keuangan UMKM di PLUT KUMKM Kabupaten Bandung

“Selain itu, kami juga akan menginisiasi business matching (BM) promosi perdagangan dan pembiayaan perbankan bagi UMKM yang turut serta dalam KKJ dan PKJB 2024, khususnya pada Bank bjb, BSI, BRI, Mandiri, BCA dan BNI,” pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: