Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

OCBC Indonesia Implementasi Solusi AI Cloudera, Hadirkan Layanan Nasabah yang Lebih Personal

OCBC Indonesia Implementasi Solusi AI Cloudera, Hadirkan Layanan Nasabah yang Lebih Personal Kredit Foto: Cloudera
Warta Ekonomi, Jakarta -

Makin ketatnya persaingan di industri jasa keuangan membuat pelaku usaha di industri ini berlomba-lomba menghadirkan berbagai inovasi layanan, termasuk OCBC Indonesia. Bank ini memilih platform hybrid dari Cloudera untuk mengembangkan platform untuk membangun aplikasi sendiri dan berbagai use case AI generatif yang dapat memberikan penawaran yang lebih dipersonalisasi kepada nasabah dan menghasilkan berbagai insight keuangan. 

Pemilihan solusi Cloudera sejalan dengan strategi yang digunakan oleh tim data science internal OCBC Indonesia, yaitu strategi hybrid untuk data, analitik, dan AI yang akan berintegrasi secara mulus dengan data lake bank supaya para saintis data dan pengguna bisnis bekerja tanpa hambatan dengan berbagai aplikasi yang terintegrasi, membantu bank menyediakan model-model transformer-based AI, kecerdasan secara real time, dan rekomendasi yang dipersonalisasi, kepada para nasabahnya.

Platform hybrid dari Cloudera ternyata dapat berintegrasi dengan data lake yang sudah ada dan sesuai dengan ekosistem engineering Machine Learning mereka yang lebih besar. Platform ini dapat dikembangkan dan cukup komprehensif untuk melayani berbagai pengguna bisnis di OCBC Indonesia, dan memungkinkan penggunaan teknologi AI/ML di berbagai aplikasi untuk menghasilkan pengambilan keputusan berdasarkan data.

“OCBC Indonesia meyakini bahwa mengadopsi suatu teknologi adalah hal yang strategis untuk dapat memberikan nilai tambah bagi pengalaman nasabah. Penggunaan teknologi data modern dan meluncurkan proyek AI generatif adalah salah satu pencapaian penting bank kami untuk selalu menjadi yang terdepan dan memimpin industri. Kami sepenuhnya yakin bahwa teknologi dan pengalaman nasabah adalah dua hal yang tak terpisahkan dalam menyediakan solusi bagi kebutuhan nasabah,” kata Komang Artha Yasa, Chief Technology Officer, OCBC Indonesia.

Sebagai bagian dari strategi di masa depan, OCBC Indonesia berencana untuk menghadirkan AI/ML di lebih banyak sistem dan kepada lebih banyak pengguna. OCBC Indonesia ingin menggandakan inovasi, efisiensi, dan pendekatan yang berpusat pada nasabah, di mana solusi Cloudera akan membantu mereka membangun landasan yang kuat dan fleksibel serta mengintegrasikan AI pada skala besar di perusahaan dan mendorong lebih banyak inovasi bagi nasabah dan regulatory reporting.    

Sherlie Karnidta, Country Manager Cloudera Indonesia, mengatakan sejumlah perusahaan di Indonesia sangat antusias memanfaatkan AI generatif untuk mengembangkan aplikasi dan tools produktivitas bagi pelanggan mereka melalui data yang berjumlah sangat besar. “Kami sangat antusias bekerja dengan OCBC Indonesia untuk membantu mereka mengembangkan platform yang ekstensif dan memberikan kemudahan serta fleksibilitas dalam mengembangkan aplikasi dan memanfaatkan tools serta frameworks untuk mendorong transformasi bisnis,” ucap Sherlie.

Sherlie menjelaskan, platform hybrid Cloudera berfungsi sebagai fondasi terhadap data analitik dan machine learning. Selain memiliki platform untuk membangun aplikasi mereka sendiri dan punya tools dan kerangka kerja untuk para ilmuwan data, OCBC Indonesia juga dapat mengembangkan berbagai kasus penggunaan AI generatif, yang dapat memproses data rahasia nasabah secara aman. 

“Dengan hybrid data platform Cloudera, bank-bank di Indonesia dapat mencapai target untuk menyediakan layanan perbankan yang lebih personal bagi para nasabahnya, sembari mengelola data pelanggan yang sensitif dengan cara yang aman dan terkelola dengan baik,” ucap Sherlie.  

Solusi Cloudera, kata Sherlie, juga memungkinkan bank memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi dan insight yang berharga kepada nasabah melalui aplikasi mobile banking mereka. Nasabah dapat menghemat waktu dan tenaga untuk meningkatkan pengelolaan keuangan mereka. Nasabah juga akan mendapatkan notifikasi mengenai peluang finansial termasuk kelayakan untuk mendapatkan kartu kredit atau pinjaman baru, serta pengingat mengenai pembayaran dan layanan-layanan lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: