Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Good Doctor dan Across Asia Assist Berkolaborasi untuk Maksimalkan Kenyamanan

Good Doctor dan Across Asia Assist Berkolaborasi untuk Maksimalkan Kenyamanan Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Inovasi digital di bidang kesehatan dapat membuka akses kepada semua kalangan untuk memperoleh layanan kesehatan berkualitas dengan praktis, nyaman, dan cepat sesuai dengan gaya hidup masa kini.

Sebagai penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi, Good Doctor yakin bahwa telemedisin dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan hal itu. 

Good Doctor menyadari bahwa mereka tidak bisa bekerja sendiri untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat.

Oleh karena itu, Good Doctor terus membuka diri untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta.

Kali ini, Good Doctor bekerja sama dengan Across Asia Assist (disingkat menjadi AAA), perusahaan jasa layanan asistensi yang menyediakan layanan klaim asuransi kesehatan secara global.

Kerja sama dengan AAA, dengan keahliannya dalam menyediakan solusi klaim asuransi yang efisien secara non tunai (cashless), menjadi mitra strategis yang mendukung Good Doctor menambah daftar panjang ribuan perusahaan yang telah bekerja sama dengan Good Doctor. 

Ada dua alasan yang melatarbelakangi pentingnya kerja sama ini. Pertama, asuransi merupakan payor kedua setelah BPJS Kesehatan.

Kedua, dengan kerja sama ini akan semakin banyak masyarakat yang memperoleh layanan kesehatan sehingga semakin mendekati ketercapaian visi Good Doctor untuk menyediakan “Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia”.

Sinergi antara Good Doctor dan AAA memungkinkan penyediaan layanan kesehatan secara digital menjadi lebih terjangkau dan mudah diakses bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, kerja sama ini juga sebuah langkah strategis untuk memperkuat posisi perusahaan dalam ekosistem kesehatan digital. Dengan masuknya AAA dalam kerangka kerja kerja sama ini, Good Doctor dapat lebih efektif dalam menggarap pasar asuransi kesehatan.

Pentingnya kemitraan Good Doctor dan AAA semakin diperkuat dengan hasil survei yang dilakukan penyedia layanan consumer insights Populix kepada 1.041 responden di beberapa pulau di Indonesia.

Hasil survei menunjukkan bahwa 73% responden menganggap memiliki asuransi kesehatan merupakan hal yang penting.

Temuan dari survei yang dilakukan pada Januari 2023 ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia yang sudah memiliki asuransi, mayoritas memiliki asuransi kesehatan baik dengan pendanaan pribadi maupun benefit dari perusahaan. 

Survei yang dilakukan untuk mengetahui persepsi dan perilaku masyarakat Indonesia terhadap produk asuransi kesehatan dan jiwa ini juga menunjukkan bahwa layanan digital dan proses klaim yang cepat dan akurat menjadi pertimbangan responden dalam memilih asuransi. 

Asuransi kesehatan rawat jalan semakin penting untuk dimiliki karena banyak penyakit yang belum memerlukan rawat inap, tetapi dapat mengganggu keseharian kita apabila tidak diobati.

Mau tidak mau kita harus mengeluarkan biaya untuk berobat. Dengan memiliki asuransi kesehatan rawat jalan, saat kita sakit, asuransi itu yang akan membayar biaya pengobatan kita. Setiap asuransi pasti ada limitnya.

Oleh karena itu, pilih layanan kesehatan berobat jalan yang dapat menghemat limit asuransi kita. Salah satu caranya adalah dengan berobat menggunakan layanan telemedisin.

Chief Executive Officer PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, mengatakan, pihaknya berterima kasih karena AAA mempercayai Good Doctor Technology Indonesia untuk menyediakan layanan telemedisin kepada peserta asuransi kesehatan baik individu maupun korporasi yang memanfaatkan platform AAA untuk mengklaim manfaat rawat jalan mereka.

Pihaknya yakin bahwa layanan kesehatan berbasis teknologi kami dapat memaksimalkan manfaat rawat jalan peserta asuransi kesehatan. 

“Berdasarkan studi kasus yang kami lakukan sepanjang 2020—2021 menunjukkan bahwa dengan asumsi limit rawat jalan yang sama, peserta asuransi dapat menikmati layanan kesehatan hampir 4 kali lipat lebih banyak dalam satu tahun jika menggunakan Good Doctor sebagai pintu layanan kesehatan pertama sebelum mengunjungi layanan kesehatan offline untuk tindakan pengobatan lebih lanjut jika diperlukan. Kolaborasi ini sekaligus menunjukkan bahwa inovasi teknologi dapat memenuhi kebutuhan peserta asuransi akan layanan kesehatan berkualitas dengan harga terjangkau melalui platform Good Doctor sekaligus kemudahan mengklaim manfaat rawat jalan melalui platform AAA,” jelas Danu Wicaksana. 

Untuk memperoleh layanan telemedisin, peserta asuransi kesehatan via AAA hanya perlu menghubungkan kartu asuransi mereka dengan aplikasi Good Doctor.

Setelah terhubung, peserta asuransi dapat melakukan telekonsultasi baik dengan dokter umum maupun dokter spesialis setiap saat di segala tempat. Dengan kemudahan ini, seharusnya tidak ada lagi hambatan bagi peserta untuk memperoleh layanan kesehatan. 

Jangan menunggu sakit baru melakukan telekonsultasi. Saat merasakan gejala, sebaiknya segera lakukan telekonsultasi sehingga peserta dapat memperoleh pengobatan yang tepat sebelum penyakit bertambah parah yang tentu menyebabkan biaya pengobatan lebih besar.

Telekonsultasi juga dapat dimanfaatkan peserta untuk memperoleh berbagai pengetahuan mengenai gaya hidup sehat.

Vice President of Customer Success, Sophia Salawaty menyampaikan, akan selalu berusaha memberikan nilai tambah terhadap layanan kami dengan revolusi digital. Di AAA, kami bertujuan untuk menjadi pilihan utama di industri penyedia layanan asistensi, mengintegrasikan teknologi tanpa menghilangkan nilai tersendiri dari interaksi manusia.

Seiring waktu, pihaknya akan terus belajar dan berinovasi berdasarkan kebutuhan dari pelanggan. Nilai tambah ini sejalan dengan visi misi perusahaan kami di Across Asia Assist (AAA). Bersama, AAA, peserta dapat langsung mengklaim manfaat rawat jalan mereka dengan mudah dan nyaman. 

“Kami menjalin kerja sama dengan Good Doctor karena kami melihat kesamaan visi dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi peserta asuransi kesehatan baik individu maupun korporasi. Dengan Good Doctor, para peserta asuransi dapat menikmati layanan telemedisin berupa telekonsultasi dan pengantaran obat yang dapat menawarkan kemudahan manfaat rawat jalan mereka dengan praktis hanya dengan sentuhan ujung jari,” jelas Sophia. 

Peserta asuransi kesehatan baik individu maupun korporasi dapat menikmati berbagai manfaat dari kemitraan Good Doctor dan AAA asalkan mereka memiliki mobile phone.

Mulai dari membantu memberikan kemudahan manfaat rawat jalan mereka karena biaya telekonsultasi dan pengantaran obat lebih murah. 

Selain itu, peserta tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan menghemat energi untuk pulang pergi ke fasilitas kesehatan offline dan mengantre obat hanya untuk penyakit-penyakit ringan yang dapat ditangani telemedisin.

Good Doctor yang akan mengantar obat hingga ke depan pintu rumah peserta. Dengan demikian, kemitraan ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang masih enggan memiliki asuransi kesehatan karena alasan premi yang tidak sesuai dan proses klaim asuransi yang rumit.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: