Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Pamukkulu Berkapasitas 82 Juta Meter Kubik

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Pamukkulu Berkapasitas 82 Juta Meter Kubik Kredit Foto: PUPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Pamukkulu, di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan Jumat (05/07/2024). Presiden mengharapkan dengan membangun bendungan Pamukkulu dapat bermanfaat dalam menaikkan produktivitas pertanian di Kabupaten Takalar.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa air merupakan sumber kehidupan yang tidak hanya untuk kegunaan sehari-hari, tetapi juga produktivitas pertanian.

“Semua negara produktivitas pertaniannya turun, produksi berasnya turun, ada potensi 500 juta orang akan kelaparan di seluruh dunia dan air menjadi hal yang sangat penting sekali,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Segera Rampung, Waskita Karya Kebut Pembangunan Bendungan Temef

Presiden Jokowi merinci bahwa Bendungan Pamukkulu telah dibangun sejak tahun 2017 dengan biaya membangun mencapai Rp1,6 triliun dengan daya tampung 82 juta meter kubik dan genangan seluas 460 hektare.

“Kita lihat nanti manfaatnya juga akan sangat besar sekali, terutama untuk masyarakat di Kabupaten Takalar, baik untuk nanti air baku, baik untuk pembangkit tenaga listrik, baik untuk mereduksi/mengurangi banjir dan yang paling penting adalah untuk irigasi kita mengairi sawah-sawah yang ada di Kabupaten Takalar dan sekitarnya,” kata Presiden.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendungan Sepaku Semoi yang akan Suplai Kebutuhan Air IKN

Presiden Jokowi menambahkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Sulawesi Selatan, Pemerintah juga membagikan 80 pompa di Kabupaten Bantaeng, sebagai bagian dari distribusi 20 ribu pompa seluruh Indonesia.

Selain meresmikan Bendungan Pamukkulu, Presiden Jokowi juga meresmikan Pasar Tempe di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Sumber Foto : Press Rilis

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Dwi Kurniawan
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: