Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Modal Minim? Ini 8 Tips Membeli iPhone Bekas tapi Tetap Berkualitas

Modal Minim? Ini 8 Tips Membeli iPhone Bekas tapi Tetap Berkualitas Kredit Foto: Unsplash/Kevin Bhagat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Membeli iPhone bekas bisa menjadi solusi cerdas bagi Anda yang ingin merasakan teknologi Apple tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Meski harganya lebih terjangkau, Anda tetap bisa mendapatkan iPhone bekas yang berkualitas jika tahu caranya. Berikut 8 tips yang bisa Anda terapkan saat membeli iPhone bekas.

1. Tentukan Anggaran dan Model yang Diinginkan

Model iPhone 7 dan iPhone 8 adalah pilihan populer untuk pembelian bekas. iPhone 7 yang dirilis pada 2016 dan iPhone 8, yang keluar pada 2017, keduanya masih memiliki performa yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari.

Baca Juga: Pas untuk Pelajar, Ini Seri iPhone Paling Murah dengan Kamera Jernih

Harga iPhone 7 bekas mulai sekitar Rp1 juta hingga Rp2 juta, sedangkan iPhone 8 bisa didapatkan mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp3 juta tergantung kondisi dan kapasitas penyimpanannya. 

2. Cek Keaslian iPhone

Pastikan iPhone yang Anda beli adalah produk asli Apple. Periksa IMEI (International Mobile Equipment Identity) melalui situs resmi Apple untuk memastikan keaslian perangkat. Hindari membeli iPhone yang tidak memiliki nomor IMEI atau nomor IMEI yang tidak sesuai dengan perangkat.

3. Periksa Kondisi Fisik

Cek kondisi fisik iPhone secara menyeluruh. Periksa layar, tombol, kamera, dan bagian belakang perangkat. Pastikan tidak ada retak atau kerusakan serius. Sedikit goresan mungkin wajar untuk perangkat bekas, namun pastikan tidak ada kerusakan yang mempengaruhi fungsinya.

Baca Juga: Turun Setengah Harga, Ini iPhone Paling Murah di Juli 2024

4. Cek Fungsi Dasar

Nyalakan iPhone dan cek semua fungsi dasar seperti layar sentuh, kamera, speaker, mikrofon, dan tombol. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jangan lupa juga untuk menguji konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan seluler.

5. Periksa Baterai

Kesehatan baterai adalah salah satu aspek penting yang harus diperiksa saat membeli iPhone bekas. Buka pengaturan baterai di iPhone dan periksa kapasitas maksimum baterai. Idealnya, kapasitas baterai masih di atas 80% untuk performa yang optimal.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: