Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SWG Solution Day 2024: ‘Empowering Insights Through AI’

SWG Solution Day 2024: ‘Empowering Insights Through AI’ Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Seiring dengan perkembangan teknologi, tingkat ketergantungan manusia terhadap AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan makin tinggi, hal itu dibuktikan dengan penggunaan AI sebagai alat dukung dalam menjalankan bisnis yang disinyalir akan membuat pekerjaan makin efisien dan cepat.

Untuk dapat memanfaatkan dan mengelola AI secara maksimal, diperlukan pemahaman yang cukup mendalam agar teknologi AI dapat digunakan tepat pada sasaran. Atas dasar tersebut, PT. Sinergi Wahana Gemilang menggelar seminar berbasis edukasi penggunaan AI melalui berbagai solusi, yakni SWG Day 2024 dengan tema “Empowering Insight Through AI” pada Kamis (20/6) di hotel Shangri-La, Jakarta.

Acara dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi general dan sesi breakout. Sesi general diawali dengan Pembukaan dari CEO PT Sinergi Wahana Gemilang dan dilanjutkan dengan keynote speaker dan dilanjutkan dengan panel discussion yang diisi oleh para pelaku dari industri IT.

Sebagai keynote speaker, Division Head IT Strategy & Architecture PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Ari Pratiwi, yang memiliki POV tersendiri dari sisi bisnis dimana AI juga sedang memiliki prospek yang baik dalam dunia Perbankan.

BNI sudah memiliki inisiatif AI, yang telah maupun yang akan dilakukan, baik Traditional AI maupun rencana adopsi Generative AI dalam masa mendatang. Ari Pratiwi pun menambahkan "Penerapan AI untuk internal sementara ini lebih diutamakan sebagai proof of concept sebelum penggunaannya secara meluas yang melibatkan para nasabah BNI."

Melalui acara ini, PT. Sinergi Wahana Gemilang memiliki tujuan untuk memberikan insight, bagaimana AI dapat berkontribusi secara optimal terhadap bisnis perusahaan.

Selain itu acara ini memiliki misi memperkenalkan solusi berbasis AI secara menyeluruh seperti IBM watsonx Assistant dimana pengguna dapat berkomunikasi dengan dokumen dan data melalui natural language.

Ditunjukkan pula kemampuan IBM Granite yang dapat menjadi AI Assistant bagi para pengembang sistem. Acara ini memberikan kesempatan kepada para IBM Business Partner untuk memperkenalkan solusi IBM yang mereka miliki kepada calon pelanggan melalui berbagai booth yang ada.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) PT. Sinergi Wahana Gemilang, Chandra Marita Sari, diperlukan adanya adopsi dan alih pengetahuan agar AI, sebagai bagian penting dari transformasi digital, dapat digunakan secara maksimal untuk membantu bisnis perusahaan di Indonesia. “Seperti kita ketahui, AI sangat berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Berbagai Large Language Model (LLM), sebagai foundation model dari Generative AI telah menjadi pemicu bagi berbagai perkembangan AI ke depannya.“

“Di SWG Solutions Day 2024, saya sangat senang karena kesempatan ini dapat menjadi ajang bagi kita semua dalam berinteraksi dan berbagi informasi, membuka wawasan melalui berbagai solusi terkini dari IBM, baik software, hardware, maupun services untuk dapat diintegrasikan pada berbagai proses otomasi bisnis di Perusahaan,“ pungkas CEO SWG ini.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: