Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Potensi Ekonomi Digital Indonesia Capai Rp4.500 Triliun, Menteri BUMN Apresiasi Lahirnya TikTok-Pos Aja! Creator House

Potensi Ekonomi Digital Indonesia Capai Rp4.500 Triliun, Menteri BUMN Apresiasi Lahirnya TikTok-Pos Aja! Creator House Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Potensi ekonomi digital Indonesia mencapai Rp4.500 triliun pada 2030. Diproyeksikan PDB per kapita Indonesia pun akan melesat hingga 10 ribu dolar AS pada 2030.

Oleh karena itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sangat mengapresiasi kerja sama antara TikTok dan PT Pos Indonesia dalam menyediakan sebuah wadah kreatif yang didedikasikan untuk komunitas kreator, publisher, pemerintah, serta masyarakat. Erick menilai kolaborasi ini merupakan langkah inovatif dalam mengoptimalkan potensi ekonomi digital Indonesia. 

"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan TikTok dan Pos Indonesia hari ini. Pesan saya jangan lelah mendampingi para konten kreator dan UMKM untuk terus berkembang," kata Erick di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Dia menilai TikTok-Pos Aja! Creator House merupakan sebuah wadah kreatif yang didedikasikan untuk komunitas kreator, publisher, masyarakat dan juga etalase bagi produk UMKM.

Baca Juga: Survei Populix Ungkap Gen Z Dominasi Pengguna Bank Digital di Indonesia

"Saya mengapresiasi kerja sama antara PT Pos Indonesia dengan TikTok. Saya selalu bilang Pos Indonesia punya sejarah besar, gedung-gedung bersejarah, tetapi jangan juga di era perubahan yang terjadi, tidak melahirkan sejarah baru lagi," ungkapnya.

Erick juga mendorong TikTok meningkatkan investasinya di Indonesia. Pasalnya, Indonesia merupakan negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

"TikTok harus percaya dan berani investasi lebih dari negara lain, tolong sampaikan ke bos-bos Tiktok, saya sudah pernah ketemu semua, jangan jadi stranger karena di Indonesia potensi ekonomi jauh lebih besar dari yang lain, jadi kalau yang lain kasih satu, Indonesia harus empat," jelasnya.

TikTok, berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia (Persero) dan didukung oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan "TikTok-Pos Aja! Creator House" untuk pertama kalinya di Indonesia.

Berlokasi di pusat kota Jakarta, rumah kreatif yang didedikasikan TikTok bagi kreator, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dan masyarakat luas ini ingin mendorong terciptanya kreasi konten yang menghibur, inspiratif, serta memberi nilai tambah bagi komunitas TikTok di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, TikTok juga meluncurkan situs "TikTok Indonesia Impact Website" yang merangkum berbagai dampak positif yang dihadirkan komunitas TikTok untuk menginspirasi masyarakat luas agar ikut bergerak melakukan perubahan positif bagi sesama.

Adapun, Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R. Djoemadi mengatakan kolaborasi "TikTok-Pos Aja! Creator House" ini merupakan wujud nyata komitmen Pos Indonesia untuk mendukung kemajuan UMKM dan industri serta konten kreator di Indonesia.

“Kami percaya bahwa para kreator dan UMKM memiliki potensi luar biasa untuk menjadi penggerak ekonomi dan membawa perubahan positif bagi bangsa. TikTok-PosAja! Creator House hadir sebagai ruang dinamis yang akan menghubungkan para kreator, UMKM, dan komunitas lokal untuk berkolaborasi, mengembangkan ide-ide kreatif, dan menciptakan konten yang inspiratif.”jelasnya.

Pos Indonesia mengelola lebih dari 3.000 aset properti yang dapat dimanfaatkan menjadi ruang yang lebih produktif. Sejak pertama kali membuka Gedung Filateli sebagai tempat berkumpulnya generasi muda di tahun 2021 dengan brand PosBloc, Pos Indonesia terus melakukan revitalisasi pada gedung-gedung bersejarah kami. 

“Kami berharap TikTok-Pos Aja! Creator House dapat menjadi sarana bagi generasi muda untuk berkarya dan berkolaborasi, serta menjadi ruang produktif bagi UMKM untuk tumbuh secara digital," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Director of Communications, TikTok Indonesia Anggini Setiawan mengatakan sebagai destinasi hiburan terdepan, TikTok terus menciptakan ruang bagi kreator, UMKM, dan masyarakat untuk berekspresi, ditemukan oleh audiens yang lebih luas, serta saling berkolaborasi lewat kreasi konten yang bermanfaat. 

Baca Juga: Perkuat Ekosistem Energi, BPSDM Rilis Platform Digital REI

Melalui TikTok-Pos Aja! Creator House, ia berharap sejumlah fasilitas yang dihadirkan dapat mendorong lahirnya kreator baru, berikut konten kreatif yang tidak hanya menghibur, tapi dapat memberi nilai tambah bagi komunitas TikTok dan masyarakat Indonesia. 

"Tidak lupa, kami juga ingin mengajak masyarakat untuk mengunjungi situs 'TikTok Indonesia Impact Website' agar dapat ikut terinspirasi melakukan perubahan positif dari cerita komunitas TikTok yang berhasil memanfaatkan TikTok untuk menyebarkan kebaikan."jelasnya.

Sebagai kelanjutan dari penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) kerja sama pada 6 Desember 2023 lalu, TikTok-Pos Aja! Creator House hadir sebagai wadah kreatif yang didedikasikan untuk komunitas kreator TikTok, UMKM, publisher, pemerintah, serta masyarakat luas guna mengembangkan kreativitas mereka dan saling berkolaborasi.

Terletak di kantor PT Pos Indonesia (Persero), TikTok-Pos Aja! Creator House menyediakan sejumlah fasilitas bebas biaya yang dapat digunakan, antara lain:

Content Creation Corner: Ruangan khusus yang bisa digunakan oleh kreator, publisher, maupun mitra TikTok untuk membuat konten TikTok.

UMKM Corner (Livestream Area): Area yang dapat digunakan untuk melakukan siaran langsung di TikTok, serta menampilkan produk-produk UMKM di ShopTokopedia.

Wall of Impact: Rangkuman cerita inspiratif dan dampak positif yang dihadirkan oleh para kreator dan UMKM dari seluruh Indonesia untuk menginspirasi masyarakat luas dalam mendorong perubahan positif di komunitas masing-masing.

Workshop Area: Area yang difungsikan untuk beragam kegiatan seperti lokakarya, bincang-bincang, hingga acara peluncuran untuk kreator, publisher, maupun mitra TikTok.

TikTok Music Corner: Area interaktif yang memberikan pengalaman langsung terhadap fitur-fitur TikTok Music dan pembaruan terkini dari industri musik tanah air.

Berkat kekuatan penemuan TikTok, para kreator dan UMKM tidak hanya berhasil menjangkau, tapi juga membawa dampak sosial dan ekonomi bagi Indonesia.

"TikTok berharap dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk ikut berkarya dan bergerak bersama TikTok membawa perubahan positif bagi Indonesia,"pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: