Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gelontorkan US$15 Juta, FMO Dukung Langkah Anak Usaha Validus Group

Gelontorkan US$15 Juta, FMO Dukung Langkah Anak Usaha Validus Group Kredit Foto: BRI
Warta Ekonomi, Jakarta -

FMO bank pembangunan kewirausahaan asal Belanda, dan Validus Group, platform pembiayaan UKM digital yang berbasis di Singapura mengumumkan langkah selanjutnya dalam kemitraan strategis mereka. 

FMO yang telah menjadi investor di Validus sejak 2019, kini menambah pembiayaan kepada Validus untuk mendukung segmen mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang belum mempunyai akses terhadap layanan keuangan di Indonesia.

Pembiayaan ini disalurkan melalui anak perusahaan Validus yang beroperasi di Indonesia, Batumbu. 

Kolaborasi ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan pembiayaan yang signifikan yang dihadapi oleh UKM, mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di kawasan Indonesia. 

Direktur Lembaga Keuangan FMO, Juan Jose Dada Ortiz, menyebut bila untuk kemitraan dengan Validus Group dapat meningkatkan dukungan pertumbuhan UKM di Indonesia. “Kolaborasi ini adalah bukti komitmen kami untuk mempromosikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusi keuangan. Dengan memberdayakan Batumbu dengan sumber daya yang diperlukan, kami dapat membantu lebih banyak bisnis kecil mencapai potensinya, yang pada akhirnya berkontribusi pada kemakmuran ekonomi yang lebih luas di Indonesia,” ujarnya. 

Baca Juga: Oikocredit Berikan Pembiayaan Rp42 Miliar Kepada Validus Melalui Batumbu Untuk Mendukung UMKM di Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, Direktur dan CEO, PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu – Anak Perusahaan Validus Group di Indonesia), Glant Saputrahadi Tan, mengungkapkan kemitraan dengan FMO merupakan suatu langkah yang signifikan dalam misi kami untuk mengatasi kesenjangan pembiayaan UKM di Indonesia. Dengan dukungan FMO, Batumbu dapat memperluas jangkauannya dan menawarkan solusi pembiayaan yang lebih disesuaikan untuk UKM, mendorong inovasi dan kewirausahaan. 

“Bersama-sama, kami berkomitmen untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan pada perekonomian Indonesia,” ujarnya. 

Batumbu, sebagai platform pembiayaan UKM digital terbesar di Indonesia, telah mencetak laba bersih selama lebih dari 2 tahun, sambil secara konsisten menghasilkan margin EBITDA di atas 50%.

Melalui transaksi ini, FMO akan menyediakan pendanaan awal sebesar US$ 15 juta kepada Validus, dan melalui bisnis Validus di Indonesia, Batumbu, yang akan meningkatkan kapasitas Validus Group untuk memberikan solusi pembiayaan yang mudah diakses dan terjangkau kepada bisnis dan pengusaha lokal. Inisiatif ini mencerminkan komitmen kedua organisasi untuk mendorong inklusi keuangan dan mendukung ekosistem kewirausahaan di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: