Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Freeport Bakal Kirim Lagi 13 Ribu Ton Konsentrat Tembaga ke Smelter Barunya di Juli 2024

Freeport Bakal Kirim Lagi 13 Ribu Ton Konsentrat Tembaga ke Smelter Barunya di Juli 2024 Kredit Foto: PTFI
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Freeport Indonesia (PTFI) akan kembali mengirimkan konsentrat tembaga ke dua sebanyak 13 ribu ton di minggu ketiga Bulan Juli 2024 setelah sukses melabuhkan sebanyak 12 ribu ton konsentrat tembaga perdana ke Smelter barunya di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik. Hal ini disampaikan oleh Executive Vice President (EVP) External Affairs PT Freeport Indonesia, Agung Laksamana kepada Warta Ekonomi Rabu (10/07/2024).

"Rencana keberangkatan kapal berikutnya ke Smelter PTFI pada minggu ke-3 (Bulan Juli) dengan jumlah muatan sekitar 13 ribu Wet Metric Ton (wmt) konsentrat tembaga," ujar Agung saat dikonfirmasi langsung, Kamis (11/07/2024).

Baca Juga: GBU Gencarkan Pertambangan yang Berwawasan Lingkungan

Sebelumnya, PTFI sukses mengirimkan konsentrat tembaga perdananya ke Smelter PTFI via jalur laut menggunakan Kapal Mother Vessel (MV) Unitama Lily dari Pelabuhan Amamapare, Kabupaten Mimika, Papua menuju pelabuhan Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur pada Jumat 21 Juni 2024.

Kapal itu diketahui mengangkut sebanyak 22.000 ton konsentrat tembaga, dimana 10.000 ton dimurnikan di smelter pertama PTFI yaitu PT Smelting dan sebanyak 12.000 ton menjadi pasokan utama Smelter anyar PTFI yang telah resmi beroperasi pada 27 Juni 2024.

Smelter tembaga kedua milik PTFI ini merupakan smelter tembaga dengan desain single line terbesar di dunia. Smelter ini beroperasi secara bertahap dan dijadwalkan akan beroperasi penuh di tahun akhir tahun 2024 dengan kapasitas produksinya mencapai 1,7 juta ton.

Baca Juga: Peresmian Smelter Freeport di Gresik, Tonggak Baru Hilirisasi di Indonesia

Dengan beroperasinya smelter ini, seluruh kosentrat tembaga yang diproduksi oleh PTFI dapat semuanya diproses dan dimurnikan di dalam negeri, demikian juga lumpur anoda dari PT Smelting.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Dwi Kurniawan
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: