Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SUN Energy Operasikan PLTS Atap Sektor Industri Pertama di Kalimantan Utara

SUN Energy Operasikan PLTS Atap Sektor Industri Pertama di Kalimantan Utara Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Kalimantan Utara -

PT Idec Abadi Wood Industries, perusahaan manufaktur panel kayu, bersama dengan SUN Energy selaku perusahaan pengembang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) secara resmi telah mengoperasikan sistem PLTS untuk mendukung kegiatan produksi.

Langkah ini menjadikan PT Idec Abadi Wood Industries sebagai pengguna PLTS atap pertama di Kalimantan Utara (Kaltara), yang menjadi bukti akan pertumbuhan kesadaran para pelaku industri dalam melakukan transisi energi dari beragam jenis sektor di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagaimana tercatat sebagai pengguna PLTS Atap pertama di Kalimantan Utara, Asep Sudrajat SE, MM selaku Direktur Personalia dan Umum PT Idec Abadi Wood Industries mengungkapkan, "Adopsi sumber energi baru terbarukan melalui PLTS pada kegiatan operasional menjadi langkah penting bagi perusahaan kami (PT Idec Abadi Wood Industries) dalam berkontribusi terhadap lingkungan melalui pengurangan emisi karbon serta upaya efisiensi biaya operasional."

Baca Juga: Tinjau PLTS PLN, Menteri BUMN Pastikan Peringatan HUT RI di IKN Gunakan Listrik Hijau

"PT Idec Abadi Wood Industries juga mengapresiasi dukungan pemerintah serta PLN dalam proses transisi energi yang tengah dilakukan, sehingga kami semakin percaya diri untuk memaksimalkan pemanfaatan PLTS di kegiatan operasional kami dan dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku industri lain yang ada di Kaltara," ungkap Asep Sudrajat SE, MM.

SUN Energy turut bangga menjadi bagian dari pengoperasian PLTS Atap sektor industri yang pertama di Kalimantan Utara. Oky Gunawan selaku Chief of Sales SUN Energy menjelaskan, “Pengoperasian PLTS atap pertama di Kalimantan Utara membuktikan kapabilitas SUN Energy melalui persebaran lokasi aset PLTS di berbagai wilayah di Indonesia yang dikelola oleh SUN Energy."

"Sejalan dengan dorongan pemerintah melalui kuota PLTS Atap, SUN Energy akan berupaya memaksimalkan jumlah penetrasi pengguna PLTS atap di Indonesia di setiap daerahnya. PT Idec Abadi Wood Industries diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pelaku industri di daerah Kaltara agar melakukan transisi energi dengan menggunakan energi surya,” jelas Oky.

Instalasi PLTS atap oleh PT Idec Abadi Wood Industries diestimasikan mampu menghasilkan energi sebesar 762,700 kWh setiap tahunnya yang setara dengan mereduksi 593 ton CO2 per tahun. Langkah PT Idec Abadi Wood Industries ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang mendorong transisi energi pada sektor industri. Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong perusahaan-perusahaan lain untuk mengikuti jejak yang sama dalam menerapkan energi terbarukan untuk keberlanjutan perusahaan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: