Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dalam Rangka Satu Dekade, IDN Menceritakan Transformasi Menjadi Consumer Tech Platform

Dalam Rangka Satu Dekade, IDN Menceritakan Transformasi Menjadi Consumer Tech Platform Kredit Foto: IDN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sepuluh tahun yang lalu, dimulailah sebuah perjalanan yang akan mengubah lanskap media digital di Indonesia. Berawal dari satu produk, IDN Times, kini IDN Media telah bertransformasi menjadi perusahaan teknologi konsumen multifaset yang dikenal dengan nama IDN.

Evolusi ini mencakup berbagai bisnis, termasuk livestreaming, creators economy, talent management, festival musik, rumah produksi film, dan bahkan lembaga riset. Masing-masing produk tersebut tidak berdiri sendiri; mereka adalah komponen yang saling terhubung dalam satu ekosistem yang kohesif, didorong oleh kemajuan teknologi.

Esensi dari transformasi IDN sangat berakar pada komitmennya terhadap Indonesia dan generasi mudanya. Seperti yang diungkapkan oleh Winston Utomo, CEO IDN, "Inti dari apa yang kami lakukan tercermin dalam nama kami: IDN = Indonesia. Tidak ada bangsa yang besar tanpa generasi muda. Kami benar-benar percaya pada kekuatan generasi muda."

Keyakinan bahwa pemuda adalah arsitek masa depan mendorong visi dan misi IDN untuk menjadi katalisator bagi bangsa yang lebih baik dan berpengetahuan.

Untuk mencapai hal tersebut, IDN berkembang menjadi consumer tech platform dan ekosistem yang melayani generasi muda Indonesia. Dengan langkah ini, IDN bertujuan membangun masyarakat yang berpengetahuan dan siap menyongsong masa depan yang lebih baik. Usaha mulia ini, seperti yang ditekankan oleh Winston Utomo, adalah tentang meletakkan fondasi utama bagi Indonesia untuk maju sebagai pemain signifikan di panggung global, dengan potensi menjadi kekuatan ekonomi yang disegani.

Selain melalui pendekatan jurnalisme, usaha ini juga didukung oleh ekosistem produk yang kuat dan saling mendukung. Harapannya, hal ini dapat memberdayakan generasi muda untuk membuka potensi mereka dan berkontribusi secara berarti demi Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

William Utomo, COO IDN, menyoroti pentingnya upaya kolektif dalam perjalanan IDN. "Selama sepuluh tahun terakhir, kami telah bekerja keras untuk tetap setia pada komitmen kami dan menyaksikan kekuatan luar biasa dari usaha kolektif. Bersama Timmy (istilah yang kami gunakan untuk menyebut karyawan di IDN) dan semua anggota komunitas kami, kami merangkul semangat inovasi, kolaborasi, dan persatuan yang mendefinisikan IDN."

Semangat kolektif ini telah menjadi kunci bagi IDN dalam berinovasi dan memperluas ekosistemnya, memastikan relevansi dan dampaknya di dunia yang terus berubah.

Transformasi IDN bukan hanya tentang diversifikasi bisnis; ini adalah bukti kekuatan visi dan pertumbuhan yang didorong oleh misi. Ini mencontohkan bagaimana IDN tetap setia pada nilai-nilai inti sambil berkembang untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan. Seperti yang dikatakan Winston, "Pada akhirnya, visi kami bukan untuk kami; ini untuk kita semua sebagai masyarakat yang berdaya dan memiliki mimpi untuk Indonesia yang lebih baik.”

Visi inklusif ini telah membimbing langkah-langkah IDN, dengan tujuan menciptakan Indonesia yang lebih baik bagi semua warganya.

Merayakan tonggak sejarah satu dekade IDN berkarya, penting untuk diakui bahwa ini merupakan sebuah permulaan. Ucapan penutup Winston Utomo menggema dengan sentimen ini: "Akhirnya, saya ingin berbagi bahwa ini baru permulaan bagi kami. IDN yang kita lihat hari ini baru menggores permukaan visi jangka panjang kami. Sementara dekade pertama adalah tonggak penting dalam perjalanan kami, misi kami untuk membangun ekosistem bagi generasi muda Indonesia selalu merupakan pekerjaan yang tidak akan pernah berakhir. Kami akan terus bekerja sangat keras untuk menjadi perusahaan yang berusia lebih dari 100 tahun yang berfokus pada pelanggan, berkelanjutan, dan dapat diskalakan sebagai sebuah entitas yang membawa dampak positif bagi masyarakat di seluruh Indonesia."

Ekosistem IDN dan Langkah Inovatif ke Depan

Sifat multifaset dari ekosistem IDN adalah kunci untuk memahami transformasi luar biasa ini. Setiap usaha dalam ekosistem IDN memiliki tujuan strategis, berkontribusi pada misi yang lebih luas untuk memberdayakan generasi muda Indonesia dan mendemokratisasikan informasi.

Dengan transformasi ini, IDN memiliki fokus empat unis bisnisnya. Dalam Livestreaming, IDN sedang membangun platform livestreaming interaktif dan edukatif untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan keterlibatan. Dengan menggabungkan teknologi canggih dan mendorong interaksi real-time, layanan livestreaming IDN bertujuan untuk menyediakan konten berharga yang informatif dan menarik.

Ekonomi Kreator, IDN berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh bagi para kreator konten untuk berinovasi dan mencapai kesuksesan di era digital. Ini termasuk menyediakan sumber daya, platform, dan dukungan finansial untuk membantu kreator memperluas audiens mereka dan memonetisasi konten mereka, sehingga mendorong ekonomi kreatif yang dinamis dan hidup.

Hiburan, IDN memproduksi konten hiburan berkualitas tinggi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan generasi muda Indonesia. Mulai dari festival musik, grup idola hingga produksi film, IDN memastikan bahwa usaha hiburannya sesuai dengan dan memperkaya pengalaman budaya audiensnya dan Media Digital, IDN menyampaikan informasi dan berita yang akurat, terpercaya, dan relevan yang disesuaikan dengan gaya hidup generasi muda.

Dengan tetap mengikuti preferensi dan kebutuhan audiensnya, platform media digital IDN memainkan peran penting dalam menjaga generasi muda tetap terinformasi dan terlibat dengan peristiwa dan isu sosial terkini.

Harapan dalam Menyongsong Dekade Mendatang 

Perjalanan IDN selama satu dekade adalah bukti kekuatan transformatif dari visi, inovasi, dan komitmen teguh pada nilai-nilai inti. Seiring IDN terus berkembang, misinya tetap jelas: membangun ekosistem yang memberdayakan generasi muda Indonesia, mendemokratisasikan informasi, dan mendorong bangsa menuju masa depan yang sejahtera.

Perjalanan ini masih berlangsung, dan dengan setiap langkah, IDN menegaskan kembali dedikasinya untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik. Masa depan memegang janji besar, dan IDN siap memimpin jalan, memastikan bahwa dampaknya dirasakan tidak hanya hari ini, tetapi juga untuk generasi yang akan datang. One step a time, for a better Indonesia.

IDN adalah perusahaan consumer tech platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia. IDN didirikan pada 8 Juni 2014 di Surabaya oleh dua bersaudara Winston Utomo dan William Utomo dan memiliki visi  untuk membentuk Indonesia yang lebih baik dan misi untuk memberdayakan generasi muda Indonesia sebagai pembawa perubahan untuk masa depan yang sejahtera, inklusif, dan harmonis.

IDN terus tumbuh dan berkembang dalam membangun jaringan bisnisnya. Saat ini, IDN mengoperasikan empat lini usaha yaitu livestreaming, hiburan, ekonomi kreator, dan digital media. IDN memiliki 18 unit bisnis yaitu IDN Platform, Saweria, IDN Pictures, JKT48, Boss Creator, ICE, MORF, IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP, Duniaku.com, FORTUNE Indonesia, Yummy, IDN Creative, IDN Event, dan terdapat organisasi nirlaba yaitu IDN Research Institute dan IDN Foundation.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: