Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Unicharm Bagikan Tips Pengasuhan Anak di Era Digital

Unicharm Bagikan Tips Pengasuhan Anak di Era Digital Unicharm | Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Memperingati Hari Anak Nasional, PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) pada tanggal 25 Juli 2024 mengadakan kegiatan Unicharm Edutainment Day di 2 pabrik yang terletak di Kabupaten Karawang provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Mojokerto provinsi Jawa Timur.

Ini merupakan kegiatan peringatan Hari Anak Nasional yang pertama kalinya bagi Unicharm, dimana kegiatan ini diikuti oleh sekitar 180 karyawan beserta anak dan keluarganya. 

Pada Unicharm Edutainment Day, para peserta tidak hanya mengikuti aktivitas yang menyenangkan seperti lomba melukis, namun juga kegiatan edukatif yaitu melihat secara langsung proses produksi dalam sesi factory tour, dengan menggunakan alat pelindung diri sesuai standar demi mengutamakan keamanan para peserta.

Selain itu juga disediakan forum edukasi bagi para orang tua/karyawan untuk mengikuti talkshow bersama ahli pengasuhan anak sekaligus psikolog, Ayoe Sutomo M. Psi. Psikolog.

Melalui kegiatan ini, Unicharm bertekad untuk mempererat ikatan antara Perusahaan dengan karyawan beserta keluarganya, serta meningkatkan rasa bangga pada anak terhadap pekerjaan orang tua mereka melalui kunjungan ke tempat orang tua/keluarganya bekerja, sekaligus memberikan wawasan baru tentang pola pengasuhan anak di era digital khususnya bagi para orang tua yang harus meninggalkan anaknya karena bekerja.

Tips itu diberikan mengingat peran orang tua sangatlah penting di dalam perkembangan anak baik secara jasmani dan rohani.

Namun, menjaga keseimbangan antara tanggung jawab di pekerjaan dan berbagai pekerjaan rumah termasuk mengasuh anak bukanlah hal yang mudah.

Di sisi lain, seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai hal dalam kehidupan menjadi semakin mudah dan praktis, namun jika penggunaannya tidak tepat dan tidak diawasi dapat menimbulkan berbagai dampak negatif yang beresiko mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Oleh karena itu, Unicharm mengadakan event perayaan Hari Anak Nasional “Unicharm Edutainment Day” di 2 pabrik secara serentak.

Dalam event ini juga diadakan talkshow bersama ahli pengasuhan anak sekaligus psikolog untuk membagikan tips pengasuhan anak.

Melalui kegiatan ini, Unicharm berharap dapat meningkatkan hubungan saling percaya yang hangat antara orang tua dan anak, seperti makna yang terkandung dalam simbol perusahaan yaitu Charm Ring yang menggambarkan orang yang memberi kasih sayang (orang tua) dan orang yang menerima kasih sayang (anak), demi mendukung pertumbuhan anak-anak Indonesia.

Ayoe Sutomo M. Psi. Psikolog mengungkapkan, setiap keluarga yang kedua orang tuanya bekerja pasti ingin menjaga keseimbangan antara mengasuh anak dan bekerja.

Namun, tidak jarang orang tua merasa bersalah kepada anak karena meninggalkan mereka dibawah pengasuhan orang lain ketika bekerja.

Hasilnya, karena kurang pengawasan, tidak sedikit anak yang menghabiskan waktunya dengan bermain gadget seperti laptop atau HP.

Untuk dapat menyeimbangkan peran pengasuhan sebagai orang tua bekerja, orang tua disarankan untuk rutin mengalokasikan waktu berkualitas bersama anak setiap hari.

Meskipun lelah sehabis bekerja, usahakan untuk tetap memiliki waktu bersama dengan anak yang diisi dengan aktivitas menyenangkan seperti makan atau bermain bersama.

Ini bertujuan untuk membangun interaksi positif dan meningkatkan bonding emosi antara orang tua dan anak, karena hal menyenangkan sekecil apapun yang dilakukan bersama orang tua akan terus tersimpan di memori anak.

Selain itu, agar anak tidak menghabiskan waktu seharian di depan layar gadget, orang tua dapat membuat jadwal penggunaan yang bijaksana dan seimbang serta sesuai dengan usia dan kebutuhan anak.

Hal tersebut dapat diawali dengan menjelaskan terlebih dahulu alasan orang tua memberikan aturan dalam penggunaan gadget. 

“Jika anak sudah dapat diajak berdiskusi, jangan lupa libatkan anak dalam menentukan aktivitas untuk mengisi jadwal tersebut. Dampingi anak ketika sedang menggunakan gadget untuk memastikan konten atau game yang dilihat sesuai dengan usia mereka,” ujar Ayoe. 

Eiji Ito, Penanggung Jawab Produksi Unicharm menambahkan, di tahun ini, Perusahaan kami mengadakan event perayaan Hari Anak Nasional yaitu Unicharm Edutainment Day di 2 pabrik secara serentak.

Selama ini kami telah melakukan banyak kegiatan eksternal demi mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) seperti edukasi pemilahan sampah di beberapa sekolah, donasi ke panti asuhan dan wilayah terdampak bencana alam, edukasi menstruasi dini, pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di 3 pabrik yang terletak di provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur untuk mengurangi emisi CO2, dan lain-lain. 

“Kali ini, kami juga melakukan kegiatan di internal Perusahaan dengan mengundang karyawan, anak-anak dan keluarga untuk mengunjungi pabrik. Harapannya dengan memberi kesempatan para keluarga melihat langsung tempat ayah/ibunya bekerja, akan menimbulkan rasa bangga sebagai bagian dari keluarga besar Unicharm, dan meningkatkan motivasi bekerja karyawan,” ujar Eiji. 

“Unicharm memiliki visi untuk merealisasikan masyarakat simbiosis dimana semua orang dapat hidup menjadi diri sendiri dengan mandiri dan saling tolong menolong. Kami akan terus mendukung berbagai momen di kehidupan konsumen melalui produk dan layanan yang kami miliki,” tutup Eiji.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: