Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

NIQ Rilis Hasil Analisa Data Pengukuran Ritel di Periode Lebaran 2024: Produk FMCG Tercatat Tumbuh 6 Persen

NIQ Rilis Hasil Analisa Data Pengukuran Ritel di Periode Lebaran 2024: Produk FMCG Tercatat Tumbuh 6 Persen Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

NielsenIQ (NIQ), perusahaan consumer intelligence global, melaporkan secara keseluruhan industri Produk FMCG di Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan sebesar 6% selama periode Lebaran tahun ini dibandingkan dengan tahun 2023. Meskipun konsumen masih menghadapi tekanan inflasi dan kenaikan harga bahan pokok yang tidak dapat dihindari, konsumsi pada saat Ramadan tahun ini tetap stabil dibandingkan dengan tahun 2023. 

“Di tengah tekanan inflasi, antusiasme masyarakat untuk mudik dan melakukan perjalanan masih terlihat jelas sehingga konsumen berusaha menyeimbangkan keuangan mereka antara pengeluaran untuk belanja FMCG dan pengeluaran untuk perjalanan,” ujar Wiwy Sasongko, Executive Director for Retail Vertical NIQ di Indonesia.  

Pergeseran prioritas pengeluaran terlihat di seluruh status ekonomi dan kanal belanja.

Perubahan perilaku belanja ini terlihat di semua Status Sosial Ekonomi (SES). Terlepas dari upaya promosi yang dilakukan di semua kategori produk FMCG khas Lebaran, ketiga kelas SES cenderung memilih opsi produk yang lebih terjangkau. Semua upaya promosi tersebut menghasilkan volume konsumsi yang stabil selama periode Ramadan, karena tidak ada indikasi konsumen belanja stok barang lebih banyak. Dalam hal kanal belanja selama bulan Ramadan and Lebaran, NIQ mengamati pertumbuhan di semua kanal ritel. Terutama untuk Mini Market, yang memiliki pertumbuhan tercepat dengan pertumbuhan sebesar 11% yang sebagian besar berasal dari pemain retail modern skala besar. Di sisi lain, penjualan online juga terus meningkat secara signifikan selama periode Ramadan dan Lebaran. 

Menganalisa lebih dalam untuk produk FMCG khas Lebaran.

Jika kita melihat lebih dalam beberapa kategori seperti teh yang siap minum (Ready-to-Drink), makanan beku, sirup, dan biskuit menunjukkan peningkatan positif yang berasal dari produk yang sudah ada dan tambahan dari peluncuran produk baru. Hal ini juga dikombinasikan dengan promosi potongan harga yang terjadi di seluruh kategori. Meskipun telah menerapkan promosi besar-besaran, pertumbuhan kategori sirup utamanya dipengaruhi oleh sirup kental. Sementara format squash sangat diuntungkan dengan munculnya “rasa mainstream pekat” yang baru. Beberapa kategori juga dipicu oleh aktivasi digital, seperti teh siap minum dan biskuit. Untuk kategori teh siap minum, para produsen telah meluncurkan ukuran kemasan medium dan besar, di mana kemasan medium menggunakan permainan rasa dan aktivitas yang menarik di platform digital. Merek-merek biskuit spesialis Lebaran Kembali bertumbuh dengan bantuan kampanye di media sosial melalui hadiah dan konten gimmick yang mempromosikan ukuran kemasan khusus Lebaran.

Pertumbuhan yang kuat pada cologne dan skin care 

Dua Kategori yang bukan produk khas Lebaran yang mengalami pertumbuhan signifikan   adalah cologne dengan pertumbuhan sebesar 25% dan produk skincare dengan pertumbuhan 23%, yang merupakan peningkatan yang cukup besar jika dibandingkan dengan pertumbuhan di tahun 2023. Untuk cologne, NIQ mengamati adanya pertumbuhan pada brand baru dan brand lokal yang tidak hanya lebih terjangkau, tetapi juga lebih mudah didapati melalui berbagai kanal ritel. Sedangkan untuk kategori Kosmetik, NIQ juga mengamati pertumbuhan yang didominasi oleh brand lokal terutama produk wajah dan bibir. Kampanye kreatif yang dipromosikan secara luas selama periode Ramadan dan Lebaran telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ini, serta membantu mendorong konsumsi.

“Namun, NIQ telah melihat kekuatan daya beli konsumen Indonesia dalam menghadapi masa-masa sulit dalam beberapa tahun terakhir. Akan ada periode penyesuaian sebelum perilaku pembelian konsumen yang baru terbentuk. Ini adalah kesempatan bagi produsen FMCG untuk bertindak cepat dan memanfaatkan perubahan perilaku ini serta mengadaptasinya untuk memaksimalkan peluang pertumbuhan di masa depan,” ujar Krisetiadi Purwanto, Customer Success Leader NIQ di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: