Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Aptiknas Ajak Pengusaha Tiongkok Tanam Modal di RI

Aptiknas Ajak Pengusaha Tiongkok Tanam Modal di RI Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) Soegiharto Santoso mengundang pengusaha Tiongkok untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri pembukaan pameran dagang Indonesia International Baby Products (IBTE), Indonesia International Gifts and Housewares Expo (IGHE), dan Indonesia International Electronics and Smart Appliances Expo (IEAE) Indonesia 2024 di Jakarta International Expo Kemayoran. Pameran ini berlangsung mulai 7 - 9 Agustus 2024.

Ia pun menegaskan dukungan Aptiknas terhadap pelaksanaan kegiatan pameran IEAE yang diselenggarakan atas kerja sama antara Chaoyu Expo dengan PERAGA Expo sejak 8 tahun yang lalu.

Baca Juga: ASEAN Diimbau Tingkatkan Langkah Menentukan Hadapi Ketegangan China-Taiwan

“Saat ini terbuka peluang jangka panjang untuk menawarkan investasi pihak Tiongkok membuka pabriknya di Indonesia, sesuai ketentuan pemerintah terkait TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), sebab APTIKNAS sangat mendukung program pemerintah terkait TKDN tersebut,” ungkapnya.                         

Sementara itu, Vice Presiden of Guandong Chaoyu Exhibition Co.,Ltd Wang Bing Wen mengatakan, selama bertahun-tahun, Tiongkok selalu menjadi mitra dagang terbesar Indonesia. Tahun 2023, perdagangan bilateral Tiongkok dan Indonesia mencapai US$139,42 miliar. 

“Pada pameran kali ini, kami juga akan mengadakan banyak forum diskusi, seminar, dan mengundang pakar industri untuk berbagi pengalaman. Selain itu, juga ada New Product Gallery dan kegiatan interaktif lainnya,” urai Wang Bing Wen selaku penyelenggara acara.

Pelaksanaan pameran kali ini cakupan areanya makin meluas dengan area yang mencakup hampir 40 ribu meter persegi atau meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Pameran tahun ini pun diikuti lebih dari 1000 peserta dari Tiongkok, Indonesia, India, Turki, Italia, Malaysia, Hong Kong, dan lain-lain.

Para peserta berasal dari Guangdong, Zhejiang, Fujian, Jiangsu, Jiangxi, Anhui, Sichuan, Hunan, Shandong, Shanghai, dan provinsi lain dari Tiongkok akan melakukan peluncuran produk baru, pengenalan teknologi baru, dan diskusi tren pasar secara menyeluruh.

Pengunjung dapat berseluncur di lokasi pameran untuk melihat dan mencoba langsung produk inovatif dari berbagai sektor seperti teknologi informasi, game, peralatan rumah tangga, dengan tren terbaru dan terobosan dalam industri masing-masing. Seperti halnya kategori produk terbaru yaitu Pavilion IP Licensing dan Alat Tulis & Perlengkapan Pelajar di pameran IBTE.  

Baca Juga: Menarik China, Langkah Strategis Indonesia Genjot Produksi Migas hingga 2030

Salah satu peserta pameran dari Tingkok, Everseas Sales Manager Shenzen Remax Techco, Robert mengaku perusahaannya sudah mengikuti kegiatan pameran ini berkali-kali di Indonesia dan telah memiliki banyak distributor. 

“Kami terus mencari partner lokal di Indonesia. Produk unggulan kami di aksesoris handphone seperti headset, lapisan anti gores, jam tangan smart phone, dan beragam produk lainnya. Produk kami sudah merambah pasar Eropa, Asia, dan Timur Tengah,” ujar Robert.

Sementara itu, salah satu calon mitra bisnis, Asisten Manajer Global Sourcing PT Lotte Shoping Indonesia Ageng Wijaya yang ditemui di lokasi pameran, mengatakan, pihaknya sedang mencari peralatan rumah tangga yang cocok dengan usaha yang dijalankan perusahaannya. “Jika produk home appliance yang dipamerkan ini cocok dengan usaha kami maka kami siap menjadi mitra bisnis,” ujar Ageng. 

Seiring dengan semakin besarnya skala dan semakin besarnya pengaruh, pameran kali ini diikuti oleh banyak merek unggulan. Misalnya untuk mainan dan kebutuhan bayi ada Toys Kingdom, Kanmo Group, Top Toy, Ningbo Welldon Infant and Child Safety Technology Co., Ltd, Jason Anime Development Limited, BEAR, REMAX, Zhongshan Olayks Electric Appliance Co., Ltd., Shenzhen Hainoteko Smart Co., Ltd., Liven Technology Jiaxing Co., Ltd., PT Bolde Makmur Indonesia, Dongguan Qingzhisen Presents Company Limited, RL Industry Co., Ltd, dan lain-lain.

Program Business Matchmaking juga akan mewarnai event pameran kali ini, termasuk platform online Business Matchmaking yang memungkinkan peserta mengatur pertemuan dengan mitra bisnis potensial, dan memungkinkan saling berinteraksi secara langsung, sebelum dan sesudah acara sekaligus membuka peluang baru.  

Event ini semakin lengkap dengan gelaran Champion of The Digital Arena serangkaian dengan kompetisi Mobile e-Sport, dengan menghadirkan Meet & Greet bersama Brand Ambassador dari tim e-sport profesional di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Belinda Safitri

Advertisement

Bagikan Artikel: