Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sosialisasi MediaMIND di Medan, Bawa Kesempatan Peningkatan Literasi

Sosialisasi MediaMIND di Medan, Bawa Kesempatan Peningkatan Literasi Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

PT Indonesia Asahan Aluminium bersama MIND ID dan Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan sosialisasi MediaMIND 2024 di Fakultas Kesehatan Masyarakat USU, Medan Sumatera Utara, Selasa (20/8/2024).

Dalam kegiatan sosialisasi pertama ini, Kaprodi Kesehatan Masyarakat FKM USU Evi Naria, Head of Department Corporate Communication MIND ID Pratiwa Dyatmika, dan Humas INALUM Gilang Sukma.

Evi menyampaikan kesempatan sosialisasi ini merupakan momentum yang baik, khususnya bagi mahasiswa USU untuk meningkatkan literasinya dan pengetahuannya terkait dengan perusahaan-perusahaan milik negara.

Baca Juga: PLN EPI Komit Jaga Rantai Pasok Batu Bara di PLN Group

"Terima kasih telah melirik USU. Ini adalah kesempatan untuk meningkatkan literasi, termasuk literasi digital. Tentunya kompetisi ini akan kami tingkatkan di level fakultas," katanya. 

Selanjutnya, Pratiwa pun menyampaikan kompetisi MediaMIND merupakan ajang untuk jurnalis dan mahasiswa untuk menuangkan pemikiran dan pandangannya dalam bentuk karya reportase.

"Pemikiran dan pandangan kritis dan membangun dari teman jurnalis dan mahasiswa sangat dibutuhkan untuk membangun industri mineral batu bara yang sehat dan sustainable," katanya.

Sementara itu, Gilang menerangkan INALUM merupakan Anggota Grup MIND ID yang merupakan produsen aluminium terbesar di Indonesia, dan didirikan pada tahun 1976 dan berpusat di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Baca Juga: Kurangi Konsumsi Batu Bara PLTU, PLN IP Bangun Tempat Produksi Biomassa di Medan

"Dengan komitmen terhadap lingkungan, INALUM memiliki 3 buah bendungan dan dua PLTA yang menjadi energi dasar Pembangkit Listrik Tenaga Air milik perusahaan," katanya.

Dengan tema "Merangkai Masa Depan", MediaMIND 2024 menekankan latar belakang isu terkait hilirisasi mineral dan batu bara (minerba) yang berkontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Selain memperkuat ekonomi nasional, hilirisasi minerba dapat meningkatkan nilai tambah komoditas, memperluas peluang pasar, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah. 

Rantai hilirisasi ini diharapkan terus tersambung hingga ke industri yang lebih hilir terutama ekosistem baterai untuk kendaraan listrik. 

Subtema MediaMIND 2024 terbagi menjadi lima: Ekonomi, Industrialisasi, Environmental, Social, dan Governance (ESG), Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, serta Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: