Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gencar Lakukan Literasi dan Inklusi Keuangan, BNI Raih Penghargaan dari OJK

Gencar Lakukan Literasi dan Inklusi Keuangan, BNI Raih Penghargaan dari OJK Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menorehkan prestasi sebagai bank yang memiliki Program Literasi Terbaik dalam acara bergengsi Financial Literacy Award 2024.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada BNI dalam rangkaian acara pencanangan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) di JIExpo Convention Centre and Theatre, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Penghargaan tersebut menjadi bukti nyata bahwa BNI dinilai mampu dalam melakukan percepatan perluasan akses atau inklusi keuangan masyarakat, guna mendukung program prioritas pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendorong pembangunan nasional.

Baca Juga: Kredit Moncer, BNI Cetak Laba Bersih Rp10,7 Triliun pada Semester I 2024

Direktur Network and Services BNI Ronny Venir mengungkapkan, BNI berkomitmen penuh untuk mendukung program GENCARKAN serta upaya perusahaan dalam memperluas akses keuangan, terutama di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan knowledge, skill, confidence level, dan behavior masyarakat sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam melakukan pengelolaan keuangan di masa depan.

Kegiatan literasi keuangan ini juga dilakukan agar setiap segmen masyarakat lebih memahami produk dan layanan bank, manfaat dan keuntungan yang dapat diperoleh serta risiko-risiko finansial yang mungkin timbul.

“Partisipasi BNI dalam acara GENCARKAN merupakan wujud komitmen perusahaan untuk mendukung strategi OJK dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat melalui perluasan akses terhadap produk dan layanan keuangan bank,” ujar Ronny yang dikutip di Jakarta, Jumat (23/8/2024).

Menurut Ronny, hal ini sejalan dengan tujuan program GENCARKAN, yaitu meningkatkan sinergi pelaksanaan kegiatan literasi dan inklusi keuangan oleh seluruh pemangku kepentingan guna mewujudkan masyarakat yang cerdas secara finansial, sehingga terhindar dari berbagai kasus kejahatan finansial.

BNI juga berkomitmen untuk melindungi dan memastikan hak-hak konsumen dalam bertransaksi dan menggunakan produk serta layanan BNI.

“Melalui kegiatan literasi dan inklusi keuangan ini, kami berharap dapat memperkecil kesenjangan akses layanan keuangan di masyarakat dengan mengurangi jumlah masyarakat yang belum memiliki rekening bank atau unbanked,” tambahnya.

Baca Juga: Gandeng PUPR, BNI Hijaukan Hunian ASN di Ibu Kota Nusantara

Disamping itu, BNI juga memperluas jangkauan layanan dengan menghadirkan Agen46 di area blank spot yang tidak terjangkau oleh outlet BNI. Saat ini, terdapat lebih dari 200.000 Agen46 BNI yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan 15.000 di antaranya berada di area 3T. Agen46 BNI hadir untuk melayani masyarakat yang paling membutuhkan akses keuangan.

BNI berkomitmen untuk terus mendukung GENCARKAN dengan melakukan edukasi secara menyeluruh untuk seluruh lapisan masyarakat. 

“Terima kasih kepada OJK atas penghargaan ini. BNI akan terus melanjutkan program-program yang berkelanjutan dan inovatif untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat secara masif, merata, dan tepat sasaran,” tutup Ronny.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: