Memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September 2024 nanti, anak perusahaan Grup Astra yang bergerak di bidang pembiayaan yakini, PT Federal International Finance (FIF Group) gelar Hajatan FIF Group Spesial Road to Hari Pelanggan di Surabaya.
Menurut Kepala Cabang FIF Group Rungkut, Ahmad Miftah, perhelatan ini dirancang untuk memberikan apresiasi kepada konsumen setia FIFGROUP sekaligus mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar, dengan menghadirkan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari dari touring bersama komunitas, program Tebus Murah Sembako senilai Rp35 menggunakan AstraPay, Jam Kaget dengan barang elektronik senilai Rp3.500, layanan servis dan ganti oli motor Honda gratis serta menghadirkan UMKM FIF Group dan Finanta
"Kami sangat bersemangat menyambut konsumen dalam Hajatan FIFGROUP Spesial Road to Hari Pelanggan ini. Selain sebagai ungkapan terima kasih, acara ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk lebih dekat dengan konsumen dan mendapatkan wawasan mengenai pengalaman mereka bersama kami. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk terus memberikan layanan terbaik pada mereka,” kata Ahmad Miftah di Surabaya, Sabtu (31/8/2024).
Sementara itu Customer Relationship Management (CRM) Offline and Service Department Head FIF Group, Pamela Cornelia mengatakan, bahwa konsumen memiliki hak dan kewajiban serta perlindungan data pribadi.
Pamela menyebutkan, mengacu pada hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2024 yang diselenggarakan OJK bersama BPS yang menyebutkan tingkat inklusi keuangan di Indonesia saat ini sebesar 75,02%, sementara itu indeks literasi keuangan penduduk Indonesia sebesar 65,43%.
Baca Juga: Beri Perhatian Lebih Buat Pekerja Perempuan, FIFGroup Raih Penghargaan dari Herstory
Dengan data ini kata Pamela, pentingnya perlindungan data pribadi sebagai salah satu fokus utama dalam literasi keuangan. Beliau menjelaskan bahwa dengan semakin banyaknya transaksi keuangan yang dilakukan secara online saat ini, menjaga kerahasiaan data pribadi menjadi sangat penting.
“Pelanggan perlu menyadari bahwa melindungi data pribadi adalah langkah pertama untuk menghindari risiko seperti pencurian identitas atau penyalahgunaan data,” ujar Pamela.
Pamela juga menjelaskan, hak dan kewajiban konsumen dalam transaksi pembiayaan, khususnya dalam pembiayaan. Konsumen berhak menerima informasi yang jelas dan transparan tentang produk atau layanan yang mereka gunakan, serta berhak atas perlindungan data mereka. Di sisi lain, konsumen memiliki kewajiban untuk memenuhi syarat yang telah disepakati, seperti membayar angsuran tepat waktu.
“Memahami hak dan kewajiban ini sangat penting untuk mencegah masalah di kemudian hari, seperti penagihan yang tidak diinginkan atau bahkan penarikan unit kendaraan,” pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement