Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Bigbox, Telkom Bantu Pelaku Usaha Menganalisis Sentimen Berbasis AI

Lewat Bigbox, Telkom Bantu Pelaku Usaha Menganalisis Sentimen Berbasis AI Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, yang kini bertransformasi menjadi perusahaan digital telco, terus menunjukkan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik dengan mengadopsi teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI). Inovasi ini bertujuan untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih efektif.

Telkom memanfaatkan teknologi Natural Language Processing (NLP) untuk menganalisis data pelanggan dengan pemahaman bahasa sehari-hari dalam konteks bahasa Indonesia. Dengan kemampuan ini, Telkom dapat mengukur emosi pelanggan secara akurat dan mengumpulkan umpan balik melalui teks, sehingga meningkatkan kualitas layanan dan menjaga kepuasan serta loyalitas pelanggan. 

“Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen Telkom untuk memberikan pelayanan terbaik. Teknologi AI yang kami adopsi dapat mengenali dan memahami kebutuhan pelanggan, serta dimanfaatkan oleh pelaku usaha dari berbagai sektor,” jelas Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom, Jakarta, Selasa (24/9/2024). 

Baca Juga: Telkom Dukung Digitalisasi UMKM, Dorong Perekonomian Berbasis Teknologi

Teknologi NLP memungkinkan analisis sentimen yang dapat mengidentifikasi emosi pelanggan—positif, negatif, maupun netral—dengan tingkat akurasi tinggi. Data yang diperoleh memberikan wawasan berharga bagi pelaku usaha dalam menentukan prioritas untuk meningkatkan kualitas produk mereka.

Lebih lanjut, NLP juga berfungsi untuk mengekstraksi topik dari data teks yang disampaikan oleh pelanggan, membantu Telkom memahami tema-tema yang sering dibicarakan, terutama di media sosial. Dengan informasi ini, Telkom dapat mengambil langkah-langkah yang lebih tepat untuk meningkatkan produk dan layanan.

Selain itu, Telkom menawarkan solusi BigBox, yang memungkinkan pelaku usaha di Indonesia untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui analisis sentimen berbasis AI. BigSocial, bagian dari BigBox, menggabungkan teknologi Big Data dan AI untuk membantu pelaku usaha menganalisis tren dan isu di media sosial serta media daring.

Baca Juga: Fokus Lakukan Percepatan Strategi 5BM, Telkom Optimis Kinerja Cetak Kinerja Positif

Menurut Komang, metode NLP dalam BigSocial dapat membaca artikel dan unggahan secara real-time, kemudian melakukan analisis sentimen dengan memetakan emosi dari data yang dikumpulkan. Hasil analisis ditampilkan dalam satu dashboard yang mudah dipahami, memberikan pelaku usaha wawasan tentang dinamika percakapan di dunia digital.

“Dengan lebih dari 10.000 kanal media yang dilacak dan 800 juta postingan yang dianalisis, BigBox telah membuktikan kehandalannya dan dipercaya oleh berbagai sektor industri, lembaga, hingga pemerintahan. Solusi ini mencakup analitik data, manajemen cloud, dan pengembangan aplikasi khusus, memudahkan pelanggan dalam memenuhi semua kebutuhan teknologi mereka,” tutupnya. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: