Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

UMKM Pertamina Raih Kesepakatan Transaksi Fantastis dari Buyer Tiongkok di Pameran CAEXPO 2024

UMKM Pertamina Raih Kesepakatan Transaksi Fantastis dari Buyer Tiongkok di Pameran CAEXPO 2024 Kredit Foto: Pertamina
Warta Ekonomi, Jakarta -

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT Pertamina (Persero) meraih kesepakatan transaksi lebih dari Rp2 miliar dari buyer Tiongkok dalam The 21st China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024).

Pertamina, selama pameran CAEXPO 224, mempertemukan berbagai pelaku usaha dalam memperluas jaringan pemasarannya dan membuka peluang kerjasama baru dengan para buyer dari luar negeri.

Baca Juga: Internasional Yakin Ekonomi Indonesia Stabil, Tercermin dari Keputusan R&I

Selain itu juga menampilkan berbagai produk UMKM inovatif di antaranya produk makanan, kerajinan, dan kecantikan yang mendapat perhatian luas dari para pengunjung. Partisipasi ini tidak hanya meningkatkan visibilitas produk mitra binaan tetapi juga membuka peluang untuk ekspansi ke pasar internasional serta menjalin kerja sama dengan mitra bisnis di kawasan ASEAN dan Tiongkok.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, Pertamina berkomitmen untuk mendukung pengembangan UMKM binaannya melalui program pelatihan, akses ke teknologi, dan jaringan pemasaran. 

“Dengan semangat kolaborasi, diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya saing dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Fadjar dikutip dari laman resmi Pertamina, Senin (30/9).

Produk kecantikan dari UMKM Bali Ayu Nature menjadi produk yang paling diburu pengunjung. Salah satunya adalah Ding Wei, buyer besar Tiongkok hingga tercapai kesepakatan transaksi senilai lebih dari Rp 2 Miliar untuk produk body mist dan diffuser. 

Selain itu terdapat 2 (dua) eksportir besar Tiongkok  yang juga sangat berminat atas produk kecantikan Bali Ayu dan berencana membeli dalam partai besar. 

Produk peralatan makan kayu dari UMKM Woodeco juga turut banyak diminati pengunjung selama pameran. Setidaknya ada 3 (tiga) buyer besar Tiongkok yang berminat mendatangkan produk ini dalam skala besar. Mereka sudah meminta katalog produk beserta harganya dan membeli sampel produk atas barang yang diminati. 

Saat kegiatan Business Matching, produk makanan dari Fish Skin menarik 2 (dua) perusahaan China yakni Shenzhen Shenhang Trade Ltd dan Beijing Jin San Fu Trading Co. Perusahaan Shenzhen bahkan sudah menunggu penawaran harga dari UMKM Fish Skin. Disamping itu ada designer Singapura, Aivie yang juga tertarik dengan kain tenun premium NTB. Untuk transaksi retail selama pameran, lebih dari 80% produk UMKM binaan Pertamina habis terjual.

Dengan dukungan dari Pertamina, UMKM diharapkan dapat terus berinovasi dan meningkatkan daya saing di pasar global. Melalui partisipasi dalam pameran internasional, Pertamina berkomitmen untuk membantu UMKM Indonesia dalam mengoptimalkan potensi mereka dan memperluas akses pasar baik nasional maupun internasional.

Keberhasilan ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan kolaborasi antara UMKM dengan berbagai pihak di kawasan ASEAN, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan. “Pertamina optimis bahwa UMKM binaannya akan terus tumbuh dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional,” pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: